Layanan Konseling Individual Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (Cbt) Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Pada Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional pada siswa SMA Negeri 1 Binjai Kab Langkat. Adapun dilakukannya penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan perbedaan skor dalam meningkatkan kecerdasan emosional pada siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan konseling individual menggunakan pendekatan cognitive behavior theraphy (CBT). Sedangkan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan layanan konseling individual. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Binjai Kab Langkat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepada siswa yang mengalami kecerdasan emosional rendah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang mengalami kecerdasan emosional ditinjau dari beberapa indikator antara lain kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi diri, empati, dan keterampilan sosial. Hasil uji analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji analisis Kolmogorov Smirnov Two Independent Samples. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan antara lain: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kecerdasan emosional siswa pada kelompok eksperimen sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan individual menggunakan pendekatan cognitive behavior theraphy. (2) terdapat perbedaan yang signifikan keverdasan emosional siswa pada kelompok kontrol sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan konseling individual. (3) terdapat perbedaan yang signifikan kecerdasan emosional siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan (treatment).
References
Ahyani, D. A. dan L. N. (2016). Pengaruh CBT (Cognitive Behaviour Therapy Terhadap Nurani Pada Remaja Dengan Perilaku Agresif). Intuisi Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 1–5.
Fauziyah, N. V. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Individu dengan Teknik Behavior Contract Untuk Mengatasi Perilaku Membolos Siswa: Literature Review. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 5(1), 17. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v5n 1.p17-21
Jabbar, A. A., Purwanto, D., Fitriyani, N., Marjo, H. K., & Hanim, W. (2019). Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (Cbt) Untuk Meningkatkan Kematangan Karir. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 35 46. https://doi.org/10.33541/sel.v2i1.1003
Pamungkas, I. M., & Muslikah, M. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dan Empati Dengan Altruisme Pada Siswa Kelas Xi Mipa Sma N 3 Demak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 154. https://doi.org/10.22373/je.v5i2.5093
Rohmah, S., & Rinaldi, A. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis: Dampak Kecerdasan Emosional Pada Materi Hitung Aljabar. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, 2(1), 199–210.
Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55–75. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1 i1.48
WIBOWO, C. T. (2017). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Kecerdasan Spiritual (Sq) Pada Kinerja Karyawan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 72 15(1), 1. https://doi.org/10.20961/jbm.v15i1.41 08
Zultoni, J., & Astuti, F. H. (2018). Pengaruh Layanan Konseling Individu Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas XI di SMAN 2 Pringgarata. Jurnal Pedadogy, 3(1), 45–51.
Fitri, Dian. 2017. Efektivitas Cognitive Behavior Therapy Untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiwa. Jurnal Psikologi, 10 (1)
Lianawati, Ayong. 2017. Implementasi keterampilan konseling layanan konseling dalam individual. Jambora Konselor
Maiseptian, Fadil., & Dewita, Erna. 2019. Gambaran Kecerdasan Emosional Mahasiswa serta Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan dan Konseling
Maitrianti, Cut. 2021. Hubungan Antara Kecerdasan Intrapersonal Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2)
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Ulandari, Yola., & Juliawati, Dosi. 2019. Pemanfaatan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Indonesian Journal of Counseling & Development, 1(1).
Wuwung, Olivia Cherly. 2020. Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional. Surabaya: Scopindo Media Pustaka
DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v7i3.24058
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id

