Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa
Abstract
Perencanaan karier adalah suatu usaha yang dilakukan secara terarah dan terfokus dengan berdasarkan atas potensi yang dimiliki untuk maju dan berkembang, baik secara kualitas maupun kuantitas. Individu yang mempunyai kematangan karier yang sesuai dengan kemampuan bakat dan minatnya akan lebih siap dalam menghadapi masa depan yang terkait dengan kehidupan kariernya. Tujuan penelitian ini adalah agar siswa mampu merencanakan karier yang lebih baik dan lebih sukses ke depannya. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan objek penelitian sebanyak 8 orang siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara yang sesuai dengan Penerapan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Perencanaan Karier siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, memaparkan data dan mengambil kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan bimbingan kelompokuntuk meningkatkan perencanaan karier siswa sudah berjalan dengan baik dan efektif dalam mengarahkan siswa memantapkan dan merencanakan pemilihan karier di masa yang akan datang.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustiani, Hendrianti. (2016). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: Refika Aditama.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Athiyah, Ibnu. dkk. 2014. “Career Information Service Model Multimedia-Assisted for Increasing Students Career Maturity”. Jurnal Bimbingan Konseling, 3 (1): 16 21.
Atli, Abdullah. (2016). ”The Effects of Trait-Factor Theory Based Career Counseling Sessions on The Levels of Career Maturity and Indecision of High School Students”. Universal Journal of Educational Research 4 (8): 1837-1847.
Atli, Abdullah. (2017). “Five‐Factor Personality Traits as Predictor of Career Maturity”. Eurasian Journal of Educational Research, 68 (2017): 151-165.
Atmaja, Twi Tandar. 2014. “Upaya Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa Melalui Bimbingan Karier dengan Penggunaan Media Modul”. Psikopedagogia, 3 (2): 58-68.
Coertse dan Schepers. (2014). “Some Personality and Cognitive Correlates of Career Maturity”. Journal of Industrial Psychology, 30 (2): 56-73.
Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda.
Erwin. (2018). Mahir penelitian pendidikan modern. Yogyakarta: Araska
Dodd, Courtney F. dkk. 2014. “The Career Maturity of 4-H Healthy Lifestyles Program Participants”. Journal of Youth Development, 9 (3): 1-13.
Gaylor, Lisa dan Nicol, Jennifer J. (2016). “Experiential High School Career Education, Self-Efficacy, and Motivation”. Canadian Journal of Education, 39 (2): 1-24.
Hidayati, N. W. (2016). “Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut Terhadap Perencanaan Karier Siswa”. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 12(1): 94-101.
Leksana, Dinar Mahdalena. (2015). “Pengembangan Modul Bimbingan Karier Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kematangan Karier Siswa”. Jurnal Akademika, 9 (2): 290-298.
Prasasti dan Laksmiwati. (2017). “Perbedaan Kematangan Karier Ditinjau Dari Konsep Diri dan Gender Pada Siswa Kelas X Di SMA PGRI 1 Kota Mojokerto”. Jurnal Psikologi Pendidikan, 4 (1): 1-7.
Prayitno. (2017). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Program PPK FIP UNP.
Prayitno dkk. (2016). Pembelajaran Melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan. Jakarta: ABKIN.
Prayitno dan Erman amti. (2014), Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, jakarta, Rineka Cipta. h. 309-310.
Rogers dan Creed. (2011). “A Longitudinal Examination of Adolescent Career Planning and Exploration Using a Social Cognitive Career Theory Framework”. Jurnal of Adolescence, 34: 163-172.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Tindakan Komorehensif. Bandung: Alfaabeta
Sukardi. (2018). Pengantar Pelaksana Bimbingan dan Konseling Disekolah :PT Rineka Cipta, Jakarta
Syakir, Muhammad. dkk. (2016). “The Model of ICT-Based Career Information Services and Decision-Making Ability of Learners”. International Journal of Environmental & Science Education, 11 (13): 5969-5979.
Ting, S.R. dkk.(2012). “A Preliminary Study of Career Education in Middle School”. Journal of Career and Technical Education, 27 (2): 84-97.
Tohirin. (2015). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Violina, Erwita Ika. dkk. 2016. “Perbedaan Kematangan Karier Mahasiswa Tahun Masuk 2014 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang Ditinjau dari Gaya Pembuatan Keputusan dan Jenis Kelamin”. Konselor, 4 (2): 50-57.
Widyastuti, Ninik dan Widyowati, Arini. (2015). “Hubungan Antara Locus of Control Internal dengan Kematangan Karier pada Siswa SMK N 1 Bantul”. HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia), 12(2): 82-89.
DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v7i3.24061
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id