Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Layanan Informasi terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X SMK Tamansiswa Medan Tahun Pelajaran 2023/2024." Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif yaitu one group pretest and posttest design. Subjek penelitian ini adalah kelas n-k = 23-1 = 22 maka dari t tabel diperoleh t = 2,074. Dengan demikian thitung>ttabel pada kecerdasan emosional yaitu 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. "Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Layanan Informasi terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X SMK Tamansiswa Medan
Keywords
References
Afero, B., & Adman, A. (2016). Peran Kecerdasan Emosional Sebagai Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 215. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3390
Andika, K., Suparno, & Saptono, A. (2016). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Di Sma Negeri 89 Jakarta. Econosains Jurnal Online Ekonomi Dan Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.21009/econosains.0141.08
Ernawati, I. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Xii Ma Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.40
Handayani, D., & Septhiani, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Aspek Kesadaran Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1352–1358.
Hayati, R. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Cerdas Format Klasikal ( Pkc-Ka ) Dalam Layanan Informasi. Jurnal Pendidkan Dan Konseling, 9(1), 89–101.
Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861
Mahosadhi, P. N. S., Suarni, N. K., & Dharsana, I. K. (2021). pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter self-Responsibility pada Para Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 6(1), 41–49.
Moshinsky, M. (1959). No Titleبی ل ی. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Murni, D. (2016). Kecerdasan Emosional Menurut Perspektif Al-Quran. Jurnal Syahadah, V(1). https://adoc.pub/kecerdasan-emosional-menurut-perspektif-al-quran.html
Mutia, A. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Di Kota Padang. Jurnal Akuntansi, 3(1), http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/view/1609
Safari, M., & R, A. H. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Smp Inshafuddin Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), IV(6).
Saputra, A., Endang, B., & Lestari, S. (n.d.). PENGARUH LAYANAN INFORMASI PEMAHAMAN DIRI TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA KELAS XI SMA.
Susilo, S. (2018). Meningkatkan Kecerdasan Emosional melalui Layanan Penguasaan Konten pada Siswa. Jurnal https://doi.org/10.24176/jpp.v1i1.2485 Prakarsa Bright Vision: Journal Language and Education Vol. 3 No. 2 Desember 2023
DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v7i3.24062
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id

