Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Regulation Learning Untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa
Abstract
Permasalahan terkait kurangnya kesiapan belajar siswa yang sering terjadi disekolah. Siswa seringkali mengalami permasalahan dalam kesiapan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Self Regulation Learning Untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa Kelas X SMA Swasta Budi Agung Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi terdiri dari 2 kali pertemuan melalui pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X yang berjumlah 258 siswa SMA Swasta Budi Agung Medan, dan objek berjumlah 8 siswa yang berada pada kelas X Jendral Sudirman. Penggunaan instrumen dalam penelitian ini berupa pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan belajar pertemuan pertama sebelum berikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self regulation learning terdapat siswa masi kurang pada kesiapan belajarnya, seperti bercerita saat guru menerangkan bahkan masi ada siswa yang mengerjakan tugas rumah (pr) disekolah setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self regulation learning kepada siswa setelah pertemuan pertama dan kedua kesiapan belajar siswa sangat meningkat dengan terbuktinya dari hasil observasi dan wawancara berbeda hasil sebelum dan sesudah sehingga terlihat peningkatan dalam kesiapan belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alwiyah, D., & Imaniyati, N. (2018). Keterampilan Mengajar Guru Dan Kesiapan Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Teachers Teaching Skills And Student Learning Readiness As A Determinant Of The Student Learning Outcomes (Vol. 3, Issue 4)
Ardimen, A., Neviyarni, N., Firman, F., Gustina, G., & Karneli, Y. (2019). Model bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 278. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2232
Assakinah, N. F., Ilham Maulana, M., & Latipah, E. (n.d.-a). Pentingnya Self Regulation Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
Brammer, Lawrence M/ Everett L. Shostrom. 1982. Therapeutic Psychology. Fundamentals of Counseling and Psychotherapy. Presentise Hall, INC Engelwood Cliff. New Jersey
Bandura, A. Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. New Jersey: Prentice Hall, 1986.
Damaianti, V. S. (2021). Strategi Regulasi Diri dalam Peningkatan Motivasi Membaca. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 52. https://doi.org/10.33603/dj.v8i1.4613
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta Siswa Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas VIII 2019 Sumatera Utara. (n.d.). MTs Budi Agung T.A 2018
Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167. https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1057
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD, 4(1), 47. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594
Indah Suci Ramadani, A., Abdi Alam, F., Rauf, W., & Muhammadiyah Barru, S. (2022). Implementasi Bimbingan Kelompok Dalam Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa. In Hal. 1 ± (Vol. 2, Issue 1).
Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas di SMA Bina Jaya Palembang, P. X., & Sinta STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur Sumatera Selatan, V. B. (n.d.). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di Sma Bina Jaya Palembang. http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility
Kesiapan, H., Dengan, B., Mengerjakan, O., Upik, U., Rizki, Y., & Psikologi, J. (2013). 49 EPJ 2 (1) (2013) Educational Psychology Journal Info Artikel Sejarah Artikel: Diterima Agustus 2013 Disetujui September 2013 Dipublikasikan Oktober 2013.
Kurniawan, D. E., & Pranowo, T. A. (2018). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah. Jurnal Bimbingan http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt Dan Konseling Terapan, 02.
Mulyani, D. (2013). Hubungan kesiapan belajar siswa dengan prestasi belajar. Konselor, 2(1), 27-30.
Meleong, Lexy. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja
Rosdakarya 2017. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Edisi Ketiga Puluh Dua, Bandung : Rosdakarya
Nurjanah, Siti. (2019). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Mts N 2 Boyolali
Nasution, S. (2011). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara. Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII MAS Bustanul Ulum Batang Kuis. (n.d.).
Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H. (2020). Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 22–30.
Putrie, C. A. R. (2021). Pengaruh Regulasi Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS. Research and Development Journal of Education, 7(1), 136. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8105
Rifqiyah, F., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Kesiapan Belajar Siswa untuk Pemenuhan Capaian Kurikulum Merdeka dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(2), 145. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i2.16052
Prayitno. 2018. Konseling Profesional yang Berhasil. Layanan dan Kegiatan Pendukung. Depok: RajaGrafindo Persada
Sari, Y. I., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Pengaruh E-Learning dan Kesiapan Belajar Terhadap Minat Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Mahasiswa Program Beasiswa FLATS di Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 346. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3736
Setiawan, A., & Manajemen Universitas Gajayana Malang, M. (2019). Pengaruh Minat dan Lingkungan Belajar terhadap Kesiapan Belajar Dimediasi oleh Motivasi Belajar Dyah Sawitri 2) Endang Suswati 3). In Jurnal Psikologi (Vol. 6, Issue 2).
Setiawan, B., Solehuddin, M., & Hafina, A. (2019). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self-Instruction untuk Meningkatkan Self-Regulation Siswa. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya, 1(1). https://doi.org/10.31960/konseling.v1i1.317
Sugiyono. (2018) Metode data penelitian kuantitatif dan kualitatif.
Suci, A., Arum, S., Konradus, N., & Psikologi, F. (n.d.). Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Mengikuti Kuliah Daring Di Masa Pandemi Covid-19 a. In JUKEKE (Vol. 1, Issue 2).
Slameto. (2018). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Tohirin. (2007). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Utami, S. R., Saputra, W. N. E., Suardiman, S. P., & Kumara, A. R. (2020). Peningkatan Self-Regulated Learning Siswa melalui Konseling Ringkas Berfokus Solusi. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 1. https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i1.4730
Wisnuwardhana Malang, U. (n.d.). Seminarasean 2 nd Psychology & Humanity Self Regulated Learning Salah Satu Modal Kesuksesan Belajar dan Mengajar Shofiyatul Azmi.
Weinberg, H. (2020). Online group psychotherapy: Challenges and possibilities during COVID-19²A practice review. Group Dynamics: Theory, Research, and Practice, 24(3), 201-211.
Zimmerman, B. J., & Schunk, Dkk. (2017). Self-regulated learning and academic achievement. New York: Springer
DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v8i1.24190
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id

