Fleksibilitas Peserta Didik SMA dan MA dalam Membentuk Identitas Budaya Daerah Setempat Sebagai Penduduk Pendatang di Kabupaten OKU Selatan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azwar, S. (2006). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2008). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Bennett, J. M. (2008). Transformative training: Designing programs for culture learning. In M. A. Moodian (Ed.), Contemporary leadership and intercultural competence: Understanding and utilizing cultural diversity to build successful organizations. Thousand Oaks, CA: Sage.
Christianto, A. E. A., Naryoso, A., & Rahardjo, T. (2024). Adaptasi Nilai-Nilai Budaya Masyarakat Migran Permanen dengan Masyarakat Lokal di Kecamatan Tampaksiring Kabupaten Gianyar. Interaksi Online, 12(3), 241–258. http://www.fisip.undip.ac.id
Handayani, P. G., & Yuca, V. (2018). Fenomena Culture Shock Pada Mahasiswa Perantauan Tingkat 1 Universitas Negeri Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(3), 198–204. https://doi.org/10.29210/129000
Harahap, N. A. A., Grahmayanuri, N., Thamimi, I. M., Batubara, E. A., & Wahyuni, S. (2024). Kreativitas Guru BK dalam Mengimplementasikan Konseling Multikultural Melalui Layanan Bimbingan Klasikal di SMP Adhyaksa Medan. JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata dan Pembelajaran Konseling, 2(1), 281–285. https://doi.org/10.57235/jamparing.v2i1.2044
Harjoni, H., Nawiruddin, N., Wahyuni, N., Ronaydi, M., & Zahruddin, A. (2023). Pengaruh Budaya dan Agama Terhadap Keadilan Gender: Perspektif Kontemporer. eL-Hekam: Jurnal Studi Keislaman, 152–167. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/elhekam/index
Hidayati, K. (2022). Perbedaan Literasi Lingkungan Peserta Didik Di SMA dan MA Kota Pekalongan. FITK UIN Syarif Hidayatullah.
Huzaimah, S., & Ruslan, I. (2020). Etos Kerja Masyarakat Pendatang. Sosio Religia: Jurnal Sosiologi Agama, 1(2). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/sr
Muskita, M., Bakarbessy, D., & Wairisal, P. (2024). Komunikasi Antar Budaya pada Masyarakat Pendatang (Studi pada Etnis Jawa di Halong Mardika Kelurahan Rijali Kota Ambon). KAMBOTI: Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.51135/kambotivol5issue1page1-8
Patawari, M. Y. (2020). Adaptasi budaya pada mahasiswa pendatang di kampus Universitas Padjadjaran Bandung. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2), 103–122.
Putri, S. N., Hidayatika, S. U., Azlina, N., Wulandari, M., & Maisyanah, M. (2020). Studi Komparasi Antara Lembaga Madrasah dan Non Madrasah Tingkat Menengah Atas di Kudus (Studi Kasus di MA NU Miftahul Falah dan SMK NU Miftahul Falah). Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 71–90. https://doi.org/10.30863/attadib.v1i1.745
Sabariman, H., Wahyudi, D. F., Amrullah, A., Sadiyah, H. S., & Ramadhan, F. M. (2020). Rasionalitas dan Adaptasi Sosial (Studi Kasus Penduduk Migran di Perdesaan Madura). Jurnal Analisa Sosiologi, 9(2), 510–525.
Sam, D. L., & Berry, J. W. (2010). Acculturation. Perspectives on Psychological Science, 5(4), 472–481. https://doi.org/10.1177/1745691610373075
Umami, D. A. N. (2022). Pengetahuan dan Keterampilan Guru Bimbingan dan Konseling Mengenai Konseling Multibudaya di Indonesia. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 3(1), 38–50. https://doi.org/10.19105/ec.v3i1.5472
Wibowo, A. M. (2018). Multikulturalisme Peserta Didik Muslim di Yogyakarta. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16(1), 35–49. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i1.457
Yosef, Y. (2025). Students’ Local Cultural Identity and Its Assessment in Public and Islamic Junior High Schools. Education Quarterly Reviews, 8(1). https://doi.org/10.31014/aior.1993.08.01.572
DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v8i2.24609
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id