ANALISIS POLA PENGELUARAN RUMAH TANGGA MISKIN DI KABUPATEN SIMALUNGUN

Lailan Safina Hasibuan

Abstract


Kemiskinan merupakan ketidakmampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan makanan dan bukan makanan yang diukur dari pengeluran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pola pengeluaran rumah tangga miskin di Kabupaten Simalungun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pola pengeluaran rumah tangga miskin di Kabupaten Simalungun.

Penelitian ini menggunakan teknik pendekatan deskriptif kuantiatif yaitu pengumpulan data untuk menjawab pertanyaan mengenai status terakhir dari subjek penelitian dan di ukur dalam suatu angka skala numeric. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mewawancarai dan menyebar kuesioner kepada rumah tangga miskin di Kecamatan Ujung Padang. Teknik analisa dalam penelitian ini adalah dengan metode perhitungan yang sangat sederhana yang menggunakan perhitungan persentase (%) dari setiap variabel yang telah tercetak pada kuesioner yang digunakan penulis dalam mengambil data langsung kemasyarakat sebagai bahan untuk menganalis kenyataan yang terjadi Kabupaten Simalungun.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata pengeluaran untuk makanan lebih besar dari rata-rata pengeluaran non makanan. Hal ini disebabkan karena penghasilan para responden yang tidak mencukupi.

Kata kunci: pola pengeluaran, rumah tangga miskin

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v16i1.1017