Strategi Literasi Digital Mendorong UMKM Elektronik Go Online
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnyana, I. G. S. and Martini, I. A. O. (2021) ‘Mengulik Pentingnya Teknologi Digital Pada Perempuan Bbali Di Era Revolusi Industri 4.0’, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 5(3).
Advertorial (2020) Tantangan Transformasi Digital bagi UMKM dan Solusi untuk Mengatasinya, Kompas.com. Available at: https://amp.kompas.com/biz/read/2020/12/15/101747328/tantangan-transformasi-digital-bagi-umkm-dan-solusi-untuk-mengatasinya (Accessed: 19 November 2021).
Alimudin, M. and Dharmawati, D. M. (2022) ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam MeningkatkanMinat Pariwisata Pulau Pari (Mix Method: Exploratory Sequential Design)’, Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi, 6(2), pp. 342–350. doi: https://doi.org/10.35870/emt.v6i2.689.
Arianto, B. (2020) ‘Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19’, ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), pp. 233–247.
Arifqi, M. M. (2021) ‘Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah Pemulihan Perekonomian Indonesia Melalui Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah di Masa Pandemi Covid-19 Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah’, 3(2), pp. 195–205. doi: 10.47467/alkharaj.v3i1.311.
BPS (2021) Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan IV-2020. jakarta.
Damayanti, O. et al. (2021) ‘Pengaruh Literasi Digital Terhadap Tingkat Penggunaan E-Commerce Pada UMKM Di Indonesia ( Studi Pada UMKM Kayungyun di Malang )’, Prosiding National Seminar on Accounting , Finance, 1(8), pp. 179–191.
Fitriani, Y. dan I. A. A. (2019) ‘Literasi Era Revolusi Industri 4 . 0’, Senasbasa, pp. 100–104.
Gilster, P. (1997) Digital Literacy. New York: Wiley Computer Pub.
Hasan, M. et al. (2021) ‘Transformasi Digital UMKM Sektor Kuliner Di Kelurahan Jatinegara, Jakarta Timur’, Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 17(2), pp. 135–150. doi: 10.31940/jbk.v17i2.2529.
Irawan, E. P. et al. (2022) ‘A Review on Digitalization of CSR during the COVID-19 Pandemic in Indonesia : Opportunities and Challenges’, MDPI journal, 11. doi: https://doi.org/10.3390/socsci11020072.
Kiki Safitri (2021) 30 Juta Pelaku UMKM Ditargetkan Masuk Digital di Tahun 2030, Ini Strategi Kemenkop UKM, Kompas.com. Available at: https://money.kompas.com/read/2021/06/11/081553426/30-juta-pelaku-umkm-ditargetkan-masuk-digital-di-tahun-2030-ini-strategi (Accessed: 18 December 2021).
Pusparisa, Y. (2020) Apa Saja Sektor UMKM Yang Sudah Memanfaatkan Kanal Daring ?, katadata.co.id. Available at: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/25/apa-saja-sektor-umkm-yang-sudah-manfaatkan-kanal-daring (Accessed: 18 December 2021).
Puspasari, R. (2020) Pemerintah Waspada Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia, Kemenkeu. Available at: https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/siaran-pers/siaran-pers-pemerintah-waspada-dampak-pandemi-covid-19-terhadap-ekonomi-indonesia/ (Accessed: 18 December 2021).
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E. and Muna, M. K. (2019) ‘Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional PJOK Teachers ’ Understanding of Professional Competency Standards’, JOURNAL OF SPORT EDUCATION, 2(1), pp. 10–15.
Rawun, Y. (2019) ‘Penerapan Standar Akuntansi Keuangan EMKM Dalam Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM ( Suatu Studi UMKM Pesisir Di Kecamatan Malalayang Manado )’, 12(1), pp. 57–66.
Reddy, P., Sharma, B. and Chaudhary, K. (2020) ‘Digital Literacy ’:, International Journal of Technoethics Volume, 11(2), pp. 65–94. doi: 10.4018/IJT.20200701.oa1.
Rosyada, P. D. D. (2020) Penelitian kualitatif untuk ilmu pendidikan. Edited by P. D. Murodi. jakarta: Kencana.
Setyaningsih, R. et al. (2019) ‘Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning’, Jurnal ASPIKOM, 3(6), p. 1200. doi: 10.24329/aspikom.v3i6.333.
Sugiyono, P. D. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherdi, D. (2021) Peran Litrasi Digital Di Masa Pandemik. Deli Serdang: CATTLEYA DARMAYA FORTUNA.
Sulestiyono, D. et al. (2021) ‘An Implementation of Micro , Small , and Medium Enterprise ( MSME ) Opportunities and Challenges In The Pandemic Era : A Literature Review Implementasi Peluang dan Tantangan UMKM di Era Pandemi : Literature Review’, 2(17), pp. 19–31.
Syifa, Y. I. et al. (2021) ‘Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing Untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19’, ABDIPRAJA (Jurnal Pengapdian Kepada Masyarakat), 2(1), pp. 6–13.
Tahir, T. et al. (2021) ‘Perilaku berwirausaha umkm sektor kuliner dalam perspektif literasi digital’, Proceeding Teknologi Pendidikan Seminar Daring Nasional 2021: Digital Generation For Digital Nation, pp. 144–154.
Veranita, M. et al. (2021) ‘Empowering UMKM Dengan Pemanfaatan Digital Marketing Di Era New Normal (Literasi Media Digital Melalui Webinar)’, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat UBJ, 4(2), pp. 159–168. doi: 10.31599/jabdimas.v4i2.585.
Wijoyo, H. et al. (2020) Digitalisasi UMKM. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri.
Zahro, E. K. (2020) ‘Digital Literacy Skill dalam Upaya Peningkatan Laba Usaha pada Kalangan Pelaku Usaha Kecil di Kota Surabaya’, journal of information and library science, 11(2), pp. 81–95.
DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v23i2.11707
View My Stats