Analisis Inflasi dan Impor Indonesia

Dewi Mahrani Rangkuty, Lia Nazliana Nasution

Abstract


Indonesia merupakan negara yang menganut sistem perekonomian terbuka. Semenjak dari masa kemerdekaan sampai dengan sekarang masih terus menjadi bagian dan atau pelaku di pasar internasional. Kecenderungan mengeskpor untuk meningkatkan pendapatan negara diikuti pula dengan mengimpor barang/jasa modal dan jenis barang/jasa ekonomi lainnya yang dikonsumsi oleh penduduk domestik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis data laju pertumbuhan inflasi dan impor Indonesia dengan time series mulai dari tahun 1991-2017. Hasil penelitian dengan metode analisis VAR (vector autoregression) didapatkan bahwa Inflasi dan impor tidak berkaitan erat dan tidak saling mempengaruhi berdasarkan kurun waktu penelitian ini karena tidak memiliki hubungan sebab akibat. Inflasi periode yang lalu tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap impor Indonesia. Peningkatan impor berpengaruh positif terhadap inflasi berdasarkan persamaan VAR. Dan antara inflasi dan impor terdapat hubungan stabilitas keseimbangan jangka panjang dan pergerakan dalam jangka panjang. Sementara dalam jangka pendek kedua variabel inflasi dan impor saling menyesuaikan untuk mencapai keseimbangan jangka panjang. Hal yang dapat direkomendasikan kepada pemerintah yakni Bank Indonesia diharapkan dapat tetap menjaga laju inflasi terkait kestabilan nilai rupiah baik di dalam maupun luar negeri sehingga dapat menekan kuota impor yang dapat mengurangi kecenderungan konsumsi terhadap barang/jasa impor oleh penduduk domestik.

Keywords


inflasi dan impor

Full Text:

PDF

References


Bank Dunia. 2018. Data Inflasi dan Impor Indonesia. dari https://www.worldbank.org/ (diakses pada tanggal 12 Nopember 2018).

Basuki, Agus Tri dan Prawoto, Nano. 2016. Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Raja Grafindo, Jakarta.

Gujarati, N. Damonar. 2003. Ekonometrika Dasar. Terjemahan. Erlangga, Jakarta.

Hutabarat, R. 1996. Transaksi Ekspor Impor. Erlangga, Jakarta.

Mankiw, N. Gregory. 2003. Teori Makroekonomi Edisi Kelima. Terjemahan. Erlangga. Jakarta.

Nachrowi, Djalal Nachrowi dan Usman, Hardius. 2006. Pendekatan Populer dan Praktis Ekonometrika untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan. Universitas Indonesia. Jakarta.

Sembiring, Masta. 2016. Analisis VAR terhadap Interrelationship Antara IPM dan Pertumbuhan Ekonomi di Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan.

Sukirno, Sadono. 2004. Makroekonomi Teori Pengantar Edisi Ketiga. Rajawali Pers, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v18i2.2552