Analisis Komunitas Virtual Ibusibuk Sebagai Upaya Pemberdayaan Perempuan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pemberdayaan yang dilakukan oleh komunitas virtual IbuSibuk, serta menganalisis interaktivitas, peran anggota, dan pola komunikasi pada komunitas virtual Ibusibuk dalam upaya pemberdayaan perempuan yang dilakukan. Computer Mediated Communication (CMC) merupakan payung teori dari penelitian ini yang didefinisikan secara klasik sebagai proses komunikasi antara manusia melalui berbagai perantara komputer. Penelitian ini didasarkan pada paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode netnografi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara tipologi komunitas virtual, IbuSibuk merupakan komunitas virtual yang terbentuk karena sponsor dari organisasi sehingga mumpuni secara program pemberdayaan. Dalam prosesnya, pemberdayaan pada komunitas IbuSibuk dilakukan sesuai dengan unsur-unsur pemberdayaan digital, yaitu: brand story, brand mission, product sample, community development, mixed media, memorable content and packaging. Upaya pemberdayaan yang dilakukan berupa pelatihan baik secara online maupun offline, serta pemberian akses terhadap pekerjaan sebagai momfluencer. Hal ini sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi bagi para ibu. Pemberdayaan pada komunitas virtual ini tidak terlepas dari interaktivitas dan peran anggota di dalamnya. Secara praktik, interaktivitas yang terjalin pada komunitas ini menerapkan interaktivitas user to system, user to user, dan user to document dengan pola komunikasi yang berbeda sesuai dengan tujuan komunikasinya. Interaktivitas anggota pada program pemberdayaan menjadikan kesempatan dan jaringan yang lebih luas bagi para anggotanya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Herna, H. (2022). PEMANFAATAN KOMUNITAS VIRTUAL DALAM KOMUNIKASI PEMBANGUNAN. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(1), 4333-4344. https://doi.org/10.47492/jip.v3i1.16
Gracial, Guna & DeepaViswam. 2020.“Women of Worth” Empowerment Through Digital and Social Media : A Case Study of NGOs. Jurnal of Social Sciences https://www.researchgate.net/publication/351078459
Kozinets, R. V. (2010). Netnography: Doing Ethnographic Research Online. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=QNDaeutR9v4C
Kozinets, R. V. (2019). Netnography: The Essential Guide to Qualitative Social Media Research. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=aLeSDwAAQBAJ
Krisvianti, S., & Triastuti, E. (2020). SEARCH Journal of Media and Communication Research Facebook group types and posts: Indonesian women free themselves from domestic violence. http://search.taylors.edu.my
Lievrouw, L. A., & Livingstone, S. (2006). Handbook of New Media: Student Edition. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=9wrpPKHc0skC
Lunenburg, F. C. (2011). Network Patterns and Analysis: Underused Sources to Improve Communication Effectiveness. In NATIONAL FORUM OF EDUCATIONAL ADMINISTRATION AND SUPERVISION JOURNAL (Vol. 28).
Manosevitch, I., & Tzuk, Y. (2017). Blogging, craft culture, and women empowerment. Cogent Social Sciences, 3(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2017.1408753
Onong Uchjana, Efendi. (2008). Dinamika Komunikasi (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Piliang, Y. A. (2012). MASYARAKAT INFORMASI DAN DIGITAL.
Porter, C. E. (2004). A Typology of Virtual Communities: a Multi-Disciplinary Foundation for Future Research. Journal of Computer-Mediated Communication, 10(1), JCMC1011. https://doi.org/10.1111/j.1083-6101.2004.tb00228.x
Priyowidodo, G. (2022). Monograf Netnografi Komunikasi: Aplikasi pada Tiga Riset Lapangan. PT. RajaGrafindo Persada - Rajawali Pers. https://books.google.co.id/books?id=uUCLEAAAQBAJ
Purwani, D. A. (2021). Pemberdayaan Era Digital. Bursa Ilmu. https://books.google.co.id/books?id=ymRYEAAAQBAJ
Turner, Lynn H., Richard West. 2009. Pengantar Teori Komunikasi, Edisi 3 Analisis dan Aplikasi. Jakarta: McGraw Hill, Penerbit Salemba Humanika
DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v9i1.18761
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi © 2024 by Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under CC BY-SA 4.0