Strategi Penyiaran Radio Intan dalam Upaya Rebranding di Era Konvergensi Media

Febri Triansyah Permana, Chotijah Fanaqi, Leadya Raturahmi

Abstract


Radio Intan merupakan salah satu stasiun radio yang melakukan upaya rebranding di era konvergensi media. Namun, mereka menghadapi kendala karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang perubahan menjadi lembaga penyiaran publik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi manajemen komunikasi Radio Intan dalam melakukan upaya rebranding di era konvergensi media. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Proses analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan beberapa perubahan yang dilakukan oleh Bidang Penyiaran Dinas Komunikasi dan Informatika dalam upaya rebranding, seperti penggunaan website sebagai sistem penyiaran, perubahan tata cara penyiaran, dan penggunaan media sosial. Namun, radio Intan menghadapi masalah karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang keberadaannya, yang disebabkan oleh keterbatasan anggaran untuk promosi berbayar. Hal ini membuat eksistensi radio Intan berkurang

Keywords


Radio Intan; Konvergensi Media; Rebranding; Strategi

References


Arif, R., Zuhri, S., & Suwatah. (2022). Eksistensi Radio Komunitas Kampus Surabaya di Era Konvergensi Media. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 193–207.

Arifin, A. (1984). Strategi Komunikasi. Bandung: CV. Armico.

Cempaka, P. S. (2020). Radio di Tengah Arus Perkembangan Teknologi dan Media Baru. Jakarta Selatan: Polikteknik Negeri Media Kreatif, 1(1), 41–53.

Defhany. (2017). Manajemen Media Penyiaran Radio Mora Fm Dalam Meningkatkan Kualitas Program Siaran. 1, 33–42.

Dhamayanti, M. (2020). PEMANFAATAN MEDIA RADIO di ERA DIGITAL. Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 3(2), 82. https://doi.org/10.25077/rk.3.2.82-89.2019

Effendy, O. U. (2019). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. REMAJA ROSADKARYA.

Gushevinalti, G., Suminar, P., & Sunaryanto, H. (2020). Transformasi Karakteristik Komunikasi Di Era Konvergensi Media. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(01), 083. https://doi.org/10.30813/bricolage.v6i01.2069

Handoko, D., Lageni, I. B., Muhammad, R. H., & ... (2022). Manajemen Strategi Tv Muhammadiyah Dalam Mempertahankan Eksistensinya Sebagai Tv Persyarikatan. … Penelitian LPPM UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/14262%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/download/14262/7415

Hilmi, M. (2022). Strategi Komunikasi Radio Komunitas Pendidikan dan Dakwah dalam Mempertahankan Eksistensi di Kota Semarang Communication Strategy of Educational and Dakwah Community Radio in Maintaining Existence in Semarang. Jurnal Dakwah Dan Komuniikasi Islam, 8(2), 127–145.

Jamilah, O. P., Utami, Y. S., & Kurniadi, E. (2020). EVALUASI AKHIR STRATEGI KOMUNIKASI STASIUN RADIO DALAM MENGHADAPI KONVERGENSI MEDIA (Studi Kasus Pada PT. Radio Tjandra Buana Suara FM Cianjur). Jurnal Cakrawala, 9(1), 69–84.

Lindu, M., Duku, S., & Utami Fitri, H. (2023). Strategi Penyiar Radio Sonora 102.6 Fm Palembang Dalam Menarik Minat Pendengar Dalam Program Acara Anca Meminta Kami Memutar (AMKM). Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 3(1), 335–344. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i1.645

Maharani, P., Lestaluhu, S., & Alfredo, R. (2022). Transformasi Radio Konvensional di Era Digital (Studi Kasus Pada Radio Duta 90.9 FM Ambon). Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura, 1(2), 214–231. https://doi.org/10.30598/jikpvol1iss2pp214-231

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Yogyakarta Press. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN "Veteran Yogyakarta Press. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx

Nasution, A. F. (2023). METODE PENELITIAN KUALITATIF. CV. Harfa Creative. http://repository.uinsu.ac.id/19091/1/buku metode penelitian kualitatif.Abdul Fattah.pdf

Nasution, N. (2018). Strategi Manajemen Penyiaran Radio Swasta Kiss Fm Dalam Menghadapi Persaingan Informasi Digital. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 167–178. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi/article/view/2094

Nielsen. (2019, Februari). Mengoptimalkan Strategi Komunikasi dan Pemasaran dengan Nielsen Total Audience. Diambil kembali dari https://www.nielsen.com/id/news-center/2019/optimizing-communication-and-marketing-strategy-with-nielsen-total-audience/

Prasetya Yoga Santoso, R. R. M. L. T. (2018). Strategi Marketing Public Relations Dalam Rebranding Hsbc Indonesia Untuk Membentuk Brand Awareness. Strategi Marketing Public Relations Dalam Membangun Brand Awareness (Studi Deskriptif Pada PT. HNI HPAI, 1, 1–14.

Rihartono, S. (2015). Strategi Pengelolaan Radio Siaran Di Tengah-Tengah Perkembangan Teknologi Internet. 51–64.

Rizki, M. F. (2019). Peranan Public Relations dalam Rebranding TVRI untuk Membentuk New Image. Jurnal Komunikasi Global, 8(2), 134–150. https://doi.org/10.24815/jkg.v8i2.14931

Sariswara, V. (2022). Strategi Rebranding Melalui Marketing Public Relation Pada Radio Musik Gen 98, 7 Fm. Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 28, 701–710. http://journal.unpak.ac.id/index.php/wahana/article/view/6440%0Ahttp://journal.unpak.ac.id/index.php/wahana/article/viewFile/6440/3520

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suryadi, E. (2018). Strategi Komunikasi sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Yuliana Sukma Dewi, N. W. R. A. (2022). Rebranding Program Rumpi Kuliner SHE Radio 99, 6 FM Surabaya. DIGICOM: Jurnal Komunikasi Dan …, 2(4), 15–27. https://ojs3.stikosa-aws.ac.id/index.php/digicom/article/view/379%0Ahttps://ojs3.stikosa-aws.ac.id/index.php/digicom/article/download/379/197




DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v9i2.19128

Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi © 2024 by Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under CC BY-SA 4.0