Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Wonosobo melalui Instagram @disparbudwonosobo dalam Mempromosikan Pariwisata

Trisna Aditia, Noveri Faikar Urfan

Abstract


Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo adalah institusi pemerintah yang mempunyai tugas dan tanggung jawab memperkenalkan destinasi pariwisata daerah Wonosobo. Salah satu paya yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo menggunakan platform media sosial Instagram dengan akun @disparbudwonosobo. Strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan adalah bauran komunikasi pemasaran menggunakan Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami cara strategi komunikasi Instagram diimplementasikan melalui platform Peneliti menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui wawancara dan pengamatan. Proses analisis data mengadopsi metode analisis data versi Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, analisis data dan verifikasi data. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan melalui Instagram melibatkan unsur-unsur berupa bauran komunikasi pemasaran. Dalam menerapkan strategi komunikasi pemasaran untuk memperoleh data, menentukan promosi, dan publikasi dengan memanfaatkan media sosial Instagram.


References


Widjanarko, W. (2021). MANAJEMEN KONTEN INSTAGRAM MILIK PEMERINTAH DALAM PROMOSI POTENSI PARIWISATA DAERAH DI KABUPATEN BANYUMAS PROVINSI JAWA TENGAH. Journal Acta Diurna, 17(1). https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2021.17.1.3867

Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Cv Pustaka Setia.

Widjanarko, W. (2021). MANAJEMEN KONTEN INSTAGRAM MILIK PEMERINTAH DALAM PROMOSI POTENSI PARIWISATA DAERAH DI KABUPATEN BANYUMAS PROVINSI JAWA TENGAH. Journal Acta Diurna, 17(1). https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2021.17.1.3867

Firmansyah. (2020). Komunikasi Pemasaran. Cv. Penerbit Qiara Media.

Kamaruddin, O. :, Ekonomi, F., Bisnis, D., Uin, I., & Makassar, A. (2017). STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN GAS ELPIJI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Jurnal Ekonomi Islam, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v4i1.5089

Aristya, B., Shania, V. A., & Ayuningrum, N. G. (2023). ANALISIS STRATEGI MENINGKATKAN BRAND IMAGE PT KENCANA MAJU BERSAMA MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Pada Instagram Kencana Indonesia). In RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi (Vol. 03, Issue 01).

Widiastuti, E. J., & Indriastuti, Y. (n.d.). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital @right.store Melalui Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran.

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271–278. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

Creswell J.W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif Kuantitatif dan Campuran (4th ed.). Pustaka Pelajar.

Rangkuti, A. H., & Khairani, L. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Destinasi Wisata Park & Farm Sipirok Melalui Media Digital Instagram Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung. Jurnal Kesejahteraan Sosial, Komunikasi Dan Administrasi Publik, 2(1), 43–49.

Creswell J.W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif Kuantitatif dan Campuran (4th ed.). Pustaka Pelajar.

Rangkuti, A. H., & Khairani, L. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Destinasi Wisata Park & Farm Sipirok Melalui Media Digital Instagram Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung. Jurnal Kesejahteraan Sosial, Komunikasi Dan Administrasi Publik, 2(1), 43–49.

Andita Kirana, C. (2019). Komunikasi Pemasaran Terpadu “Lemospirés Batik” dalam Menarik Minat Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 69–84. https://doi.org/10.15642/jik.2019.9.1.69-84

Gonelius. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. McGraw-Hill Companies.

Hasyanita, A. N., & Mayangsari, I. D. (2022). Analisa Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Alat Komunikasi Pemasaran Eboni Watch. Jurnal Pendidikan Tambusa, 6(1), 1096–10112. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3082

Faisal, A., & Rohmiyati, Y. (2019). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI PROMOSI PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 281–290.

Kurniawan, Moh. Z. (2023). Peran Literasi Keuangan, Harga, Dan Promosi Penjualan Pada Perilaku Konsumtif Generasi Z. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 8(1), 151–162. https://doi.org/10.30737/ekonika.v8i1.3636

Faisal, A., & Rohmiyati, Y. (2019). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI PROMOSI PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 281–290.




DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v8i2.19688