Perancangan Karya Explainer Video sebagai Konten Marketing pada Launching “Supply Chain Management AI” PT GITS Indonesia

Sarah Muthia Hakim, Ratih Hasanah Sudradjat

Abstract


Di era digital saat ini, sektor bisnis telah bertransformasi secara drastis terutama dalam bidang teknologi. Untuk menghadapi persaingan usaha bisnis ini, PT GITS Indonesia yang bergerak di bidang teknologi menciptakan terobosan baru yaitu konsep teknologi manajemen rantai pasok yang terintegrasi dengan kecerdasan buatan (Supply Chain Management Powered by AI). Selain terobosan baru, teknologi baru ini membutuhkan strategi pemasaran untuk memperkenalkan kepada target audiens. Strategi pemasaran digital menjadi peran penting dalam menyelaraskan tujuan perusahaan. Perusahaan memutuskan membuat Konten Marketing berbentuk video yaitu Explainer Video. Explainer Video telah menjadi alat yang populer untuk menyampaikan pesan kepada target audience dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perancangan explainer video sebagai video marketing menggunakan metode perancangan yang meliputi discovery, script, storyboard, animation dan delivery. Teknik analisis data pada perancangan ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Explainer Video ini diharapkan dapat menjadi media untuk memperkenalkan dan mempromosikan Supply Chain Management Powered by AI ini.

Keywords


Video Penjelasan, Video Pemasaran, Metode Perancangan

References


Angus, A., & Heather, M. (2014). The Definitive Guide to Corporate Explainer Video.

Arifin, M. (2023). PENGARUH STORYTELLING MARKETING DAN BRAND TRUST TERHADAP PURCHASE INTENTION (Studi pada Video Promosi Sibambo Studio di Pulau Jawa).

Assauqi, B. I. S., & Islam, M. A. (2022). Sosialisasi Cukai dan Rokok Ilegal melalui Perancangan Animasi Explainer di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Barik, 3(2), 227–241.

Ayesha, I., Pratama, I. W. A., Hasan, S., Amaliyah, Effendi, N. I., Yusnanto, T., Diwyarthi, N. D. M. S., Utami, R. D., Firdaus, A., Mulyana, M., Fitriana, Norhidayati, & Egim, A. S. (2022). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). In Pt. Global Eksekutif Teknologi.

Databoks. (2023). Proporsi Jenis Video Marketing yang Dibuat Pemasar Profesional. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/04/referensi-berdagang-ini-jenis-video-yang-kerap-dibuat-pemasar-profesional

Indah, D. R., & Maulida, Z. (2017). Analisis Efektifitas Iklan Media Televisi Menggunakan EPIC Model (Studi Kasus Produk A Mild di Kota Langsa). Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (Jensi), 1(2), 137–149.

Jatisidi, A., & Hapsoro, R. D. (2021). Perancangan Explainer Video Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Budi Luhur Sebagai Media Promosi. Pantarei. https://www.dumetschool.com/Prinsip-Dasar-Layout%0Ahttps://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/636

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X Sma. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.pp1-12

Kunto, I., Ariani, D., Widyaningrum, R., & Syahyani, R. (2021). Ragam Storyboard Untuk Produksi Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 108–120. https://doi.org/10.21009/jpi.041.14

Muhammad Doni Darmawan. (2023). 10 Jenis Video Marketing yang Efektif untuk Meningkatkan Bisnis Anda. https://pgbayarind.id/Blog/10-Jenis-Video-Marketing-yang-Efektif-untuk-Meningkatkan-Bisnis-Anda

Rahmadianto, S. A., & Andito, T. (2018). Perancangan Explainer Video Universitas Ma Chung Sebagai Inovasi Media Promosi. 2(2), 61–68.

SAB.ID. (2023). Kekuatan Storytelling dalam Digital Marketing: Pikat Pembeli dalam Sisi Emosi. https://www.sab.id/kekuatan-storytelling-dalam-digital-marketing/

Saleh, S. (2016). Analisis Data Kualitatif. In Analisis Data Kualitatif. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf

Shabbir, J., & Anwer, T. (2018). Artificial Intelligence and its Role in Near Future. 14(8), 1–11. http://arxiv.org/abs/1804.01396

Sri, C., Ratih, H., & Sudradjat, H. (2022). Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Platform Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Brand Awareness Butik Aishable. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3), 415–426. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2785

Utami, D. (2011). Efektifitas Animasi Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1), 44–52.




DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v8i2.19719