Strategi Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Lembaga Perguruan Tinggi Swasta Di Indonesia

Daffaa Esh-Shidqy Qomaruddin

Abstract


Persaingan lembaga pendidikan perguruan tinggi swasta yang semakin sengit dalam menarik minat calon mahasiswa terbaik yang disebabkan oleh lingkungan pendidikan yang terus berubah dengan cepat, kebijakan pemerintah, serta preferensi mahasiswa yang seiring berkembangnya zaman. Berbeda halnya dengan Telkom University yang merupakan perguruan tinggi swasta yang mengalami peningkatan jumlah mahasiswa baru dari tahun 2022 ke tahun 2023 serta berhasil mempertahankan peringkat perguruan tinggi swasta terbaik selama tiga tahun berturut-turut, hal tersebut tidak terlepas dari peran public relations dalam mempertahankan citra lembaga dan perlu terus memiliki gagasan yang kreatif dan inovatif mengenai sebuah perencanaan program ke-humasan agar lembaga pendidikan tersebut dapat bertahan dan bersaing dengan lembaga pendidikan baik nasional dan internasional serta beradaptasi dengan tuntutan zaman. Dengan hal tersebut tujuan dilakukannya penelitian ini agar dapat memberikan referensi untuk para pembaca atau lembaga pendidikan lainnya dalam menjalankan strategi public relations. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan berupaya untuk menerangkan dan merangkum beragam keadaan, situasi, atau realitas sosial yang diamati di lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui data primer yaitu wawancara dan data sekunder yaitu observasi dan dokumentasi. Konsep strategi public relations Cutlip & Center dijadikan sebagai teknik analisis data penelitian ini. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa, empat tahapan strategi public relations Cutlip & Center sangat penting guna berjalannya suatu program humas dengan baik dan strategi humas telkom university menggunakan Strategy of publicity, Strategy of persuasion, Strategy of argumentation dan Strategy of image.


Keywords


public relations, strategi public relations, perguruan tinggi, Telkom University

References


Afilia, F., Lestari, M. T., & Ali, D. (2015). Proses Public Relations dalam Mengelola Media Sosial Twitter (Studi Deskriptif Pada Program Public Relations @infobdg Periode Mei 2015). E-Proceeding of Management.

Cutlip, S. M., Center, A. H., M, G., & Broom. (2016). Effective Public Relations Nineth Edition. Kencana.

Grunig, J. E., & Grunig, L. A. (2013). Implications of the IABC excellence study for PR education. Journal of Communication Management, 7(1), 34–42. https://doi.org/10.1108/13632540310807232

Ibnu Sholeh, M. (2020). Menghadapi Persaingan Sengit Lembaga Pendidikan: Strategi Diferensiasi dalam Pemasaran Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 192–222.

Isnaini dan Adnan. (2023). Tel-U Lantik 8981 Mahasiswa Baru Yang Berasal Dari Seluruh Nusantara. Telkom University. https://telkomuniversity.ac.id/tel-u-lantik-8981-mahasiswa-baru-yang-berasal-dari-seluruh-nusantara/

Kemendikbud. (2023). Tantangan PTS Hadapi Penurunan Mahasiswa Baru dan Upaya Mengatasinya. Lldikti5 Kemdikbud. https://lldikti5.kemdikbud.go.id/home/detailpost/tantangan-pts-hadapi-penurunan-mahasiswa-baru-dan-upaya-mengatasinya

Kustiawati, K., Setiadarma, A., & Priliantini, A. (2019). Strategi Public Relations dalam Manajemen Isu Keamanan Pangan di Pizza Hut Indonesia. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 1, 53.

Priscilla Adelina, dkk. (2022). Peran Humas Dalam Mempertahankan Citra Sekolah Unggulan Pada Tingkat SMP. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(2), 286–298. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/47714

Rachmadi, F. (1994). Public Relations: dalam teori dan Praktek. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ruslan, R. (2008). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi, Konsepsi dan Aplikasi. PT Rajagrafindo Persada.

Sandyakala, C. . (2020). Peran Public Relationsdalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 30, 184–198. https://doi.org/10.52030

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Universitas Telkom. (2023). Visi Misi Telkom University. https://telkomuniversity.ac.id/

Wiryawan, M. A., & Razak, R. (2021). Analisis Strategi Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Pt Pos Indonesia (persero). E-Proceeding of Management, 8(5), 7522–7529. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16584%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16584/16291

Yulianita, N. (2007). Dasar-Dasar Public Relations. Pusat Penerbit Universitas.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana.




DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v9i2.20623

Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi © 2024 by Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under CC BY-SA 4.0