Strategi Komunikasi Pemasaran Burayot Simadu dalam Meningkatkan Daya Saing Kuliner Khas Garut

Cintiya Syafa'ah Maulidjah

Abstract


Indonesia dikenal dengan keragaman budaya dan kulinernya, yang menjadi daya tarik utama dalam sektor pariwisata. Salah satu daerah yang menonjol adalah Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang terkenal dengan makanan tradisionalnya, burayot. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran Burayot Simadu dalam meningkatkan daya saingnya sebagai makanan khas Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara tematik melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Burayot Simadu secara efektif menerapkan strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communication/IMC) yang meliputi periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan pemasaran langsung. Strategi ini berhasil memperkenalkan Burayot Simadu ke khalayak yang lebih luas, memperkuat identitas merek, serta membangun ikatan emosional yang erat dengan konsumen. Selain itu, penelitian ini menyoroti keunggulan kompetitif Burayot Simadu yang didukung oleh kualitas produk yang konsisten dan daya tarik unik burayot sebagai makanan tradisional khas Garut. Meskipun menghadapi persaingan yang ketat di pasar makanan tradisional, integrasi strategis elemen komunikasi pemasaran memungkinkan Burayot Simadu untuk mempertahankan eksistensinya di pasar dan meningkatkan keterlibatan konsumen. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendekatan IMC dalam melestarikan dan mempromosikan warisan kuliner tradisional.


References


Belinda, A., & Loisa, R. (2019). Komunikasi Pemasaran dalam membangun brand awareness (studi kasus Partipost). Prologia, 3(1), 9–16.

Cahya, A. A. (2023). Perancangan Rebranding Burayot Simadu Sebagai Makanan Khas Kabupaten Garut. E-Proceeding of Art & Design, 10(6), 10683–10697.

Damayanti, R. W., & Bantam, D. J. (2024). Strategi Meningkatkan Kesadaran Merek melalui Media Sosial pada UMKM Ngargosari, Kepanewon, Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 6(1), 1510–1515.

Delfitriani, D., Uzwatania, F., Maulana, I., & Ariyanto, D. (2023). Pengembangan Konsep Desain Kemasan Produk Lealoe dengan Pendekatan Kansei Engineering. JURNAL AGROINDUSTRI HALAL, 9(2). https://doi.org/10.30997/jah.v9i2.7465

Diponugroho, A., & Santosa, S. B. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kemampuan Inovasi terhadap Minat Beli Ulang dengan Daya Tarik Produk sebagai variabel Intervening (Studi Kasus pada Parlour Café Semarang). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Erwin, E., Erfan, E., & Herwan, H. (2024). Strategi Komunikasi Publik di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik dalam Peningkatan Citra Pemerintahan Kabupaten Bangka. Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa, 5(1). https://doi.org/10.47134/villages.v5i1.84

Fitriani, R., Nurani, A. S., & Nurhayati, A. (2019). “Burayot” Sebagai Kue Tradisional Garut. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 8(1), 57–62. https://doi.org/10.17509/boga.v8i1.19237

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1). https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Irawan, R. E., & Fridha, M. (2017). Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness NET TV. Jurnal Untag Surabaya, 1(01), 720–740.

Keller, K. (2018). Management Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Kunhadi, D. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Sambal Pecel Khas Magetan Dalam Rangka Menciptakan Competitive Advantages. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Pendidikan Dan Informatika, 1(4), 268–276. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/manekin/article/view/3513

Larasati, R. D., Kusdiana, A., & Mulyadiprana, A. (2020). Pengembangan Buku Cerita Makanan Tradisional" Burayot" Sebagai Bahan Ajar Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 1–8.

Ramaputra, M. A., & Afifi, S. (2021). Analisis strategi kreatif konten promosi usaha foodies melalui media sosial Instagram. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi Dan Komunikasi, 5(2), 67–81.

Riswanto, A., Judijanto, L., Laksono, R. D., & Sepriano, S. (2024). Manajemen Komunikasi dan Media. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Saniyyah, H. K. M., & Nasher, A. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN JACOB KOFFIE HUIS DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1). https://doi.org/10.35760/mkm.2023.v7i1.8391

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–228.

Silviani, I., & Darus, P. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Teknik Integrated Marketing Communication (IMC). Scopindo media pustaka.

Sirajuddin, S. (2016). Analisis Data Kualitatif. Analisis Data Kualitatif. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf

Stiawan, E. (2018). Integrated Marketing Communication. Penerbit Samudra Biru.

Syira, S. D., Fauzi, A., Woestho, C., Vilani, L., & ... (2023). Pemanfaatan Big Data dalam Peningkatan Efektivitas Strategi Komunikasi Marketing Terpadu pada Perusahaan E-Commerce. Jurnal Ekonomi ….

Tetep, Suherman, A., Mulyana, E., Widyanti, T., Pebriani, W., Susanti, Y., & Ilah, I. (2021). Potensi Pariwisata Garut Dalam Mewujudkan Ekonomi Kreatif. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(02), 141–146. https://doi.org/10.35899/biej.v3i02.219

Tuten, T. L., & Michael, R. (2017). Solomon. 2017. Social Media Marketing. California: SAGE Publications, Inc.

Widiyastuti, S. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. FEB-UP Press.

Wijaya, A., & Loisa, R. (2019). Bauran Komunikasi Pemasaran dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Resto Ahwa). Prologia, 3(1), 23–30.

Yantimas, Y., & Candranigrum, D. A. (2019). Analisis Brand Activation Hellobeauty dalam Membangun Loyalitas Konsumen. Prologia, 3(1). https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6255

Yudistira, P., & Kusumaningtyas, R. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Kuliner Tradisional Di Cafe Gulo Jowo, Surakarta Melalui Media Instagram. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.52436/1.jishi.5




DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v9i1.22363

Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi © 2024 by Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under CC BY-SA 4.0