Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Ke Oliver Cafe, Jakarta
Abstract
Perubahan gaya hidup masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan menjadi salah satu peran yang berpengaruh dalam meningkatnya Industri makanan dan minuman. Aktivitas yang padat serta rutinitas yang cukup tinggi membuat seseorang mencari alternatif lain yang lebih praktis untuk memenuhi kebutuhan pangannya. Hadirnya berbagai cafsaat ini menimbulkan kebiasaan baru di kalangan masyarakat. Cafbukan lagi sekedar tempat untuk menyantap makanan maupun melepas kejenuhan untuk sesekali saja. Mereka menjadikan cafsebagai tempat berkumpul, bersosialisasi, berkencan, bertukar fikiran, memperluas jaringan, dan berbisnis sekalipun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari Brand Image, Kualitas Produk, Word of Mouth, dan Store Atmosphere terhadap minat berkunjung ke Olivier cafJakarta. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 215 responden konsumen yang sedang berkunjung ke Olivier cafJakarta. Alat Analisa yang digunakan adalah Analisa regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak adanya pengaruh dari faktor Citra terhadap minat berkunjung, (2) Terdapat pengaruh dari faktor Word of Mouth terhadap minat berkunjung, (3) Terdapat pengaruh dari faktor Kualitas Produk terhadap minat berkunjung, (4) Terdapat pengaruh dari faktor Store Atmosphere terhadap minat berkunjung, dengan nilai persamaan regresi linear berganda adalah Y = 0.803 + 0.019 X1 + 0.424 X2 + 0.132 X3 + 0.106 X4, dan hasil uji hipotesis secara simultan terlihat ?=0,000 < ?=0,05 maka H0 ditolak atau Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa baik secara simultan maupun parsial variabel independen memiliki pengaruh terhadap variabel dependen.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andwika, R. 2016, Februari 15. Mengapa kafe Olivier tempat Mirna tewas malah jadi ramai? Diperoleh dari Merdeka: https://www.merdeka.com/peristiwa/mengapa-kafe-olivier-tempat-mirna-tewas-malah-jadi-ramai.html
Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan provinsi Jawa Barat.. 2015, November 24. Pentingnya keamanan pangan bagi masyarakat. Diperoleh dari Dkkp.jabarprov.go.id: http://dkpp.jabarprov.go.id/pentingnya-keamanan-pangan-bagi-masyarakat-2/
Herdiana, A. F. 2017, Juli 7. Apkrindo Jatim: Hati-hati, Kafe Berkonsep Instagramable Tidak Akan Bertahan Lama. Diperoleh dari Tribun Jatim: https://jatim.tribunnews.com/2017/07/07/apkrindo-jatim-hati-hati-kafe-berkonsep-instagramable-tidak-akan-bertahan-lama.
Istiyanto, B., & Lailatan, N. 2016. Analisis pengaruh Brand Image, Harga, dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian mobil (studi kasus mobil LCGC di Surakarta). Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 1-8. doi:DOI: https://doi.org/10.26533/eksis.v12i1.75
Karakter dan Perilaku Khas Konsumen Indonesia. 2012, Maret 1. Diperoleh dari Marketing.co.id: https://marketing.co.id/karakter-dan-perilaku-khas-konsumen-indonesia/
Kementerian Perindustrian. 2017. Industri Makanan dan Minuman masih jadi andalan. Diperoleh dari http://www.kemenperin.go.id/artikel/18465/Industri-Makanan-dan-Minuman-Masih-Jadi-Andalan
Khoemaeni, S. A.(2016, Juli 27. Kafe Olivier Ucapkan Terima Kasih kepada Jessica. Diperoleh dari Okezone: https://news.okezone.com/read/2016/07/27/338/1448065/kafe-olivier-ucapkan-terima-kasih-kepada-jessica
Lim, A. 2014, September 26. Trend Bisnis Caf. Diperoleh dari Arthinkle: http://www.arthinkle.com/articles/detail/trend-bisnis-cafe
Meilani, Y., & Simanjuntak, S. 2012. Faktor yang mempengaruhi minat beli produk makanan dan minuman usaha kecil menengah kabupaten Tangerang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 14(2), 164-172. Retrieved from http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/18559
Meldarianda, R. 2010. Pengaruh store atmosphere terhadap minat beli konsumen pada resort caf atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 17(2), 97-108. doi:ISSN: 1412-3126
Royan, F. M. 2004. Marketing Selebriti Selebriti dalam Iklan dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri. Jakarta, Indonesia: Alex Media Komputindo.
Ruhamak, M. D., & Rahayu, B. 2016. Pengaruh word of mouth terhadap purchase intention melalui brand image pada Lembaga kursus Bahasa inggris Dynamic English Course Pare. Jurnal Ekonomi Universitas Kediri, 1(2), 188-204. doi:DOI: 10.30737/ekonika.v1i2.14
Simamora, B. 2003. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif & Profitabel. Jakarta, Indonesia: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiarto, B., & Hartono, S. 2014. Analisis pengaruh produk, kualitas pelayanan, harga, dan store atmosphere terhadap minat beli di Dream of Khayangan Art Resto Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1-14.
Sulaiman, R. 2015, Januari 27. Indonesia Peringkat kedua sebagai konsumen teroptimis. Diperoleh dari Kompas: https://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/01/27/1730011/Indonesia.Peringkat.Kedua.Dunia.sebagai.Konsumen.Teroptimistis
Sutriyanto, E. 2018, Agustus 5. Ada Perubahan Perilaku Cara Konsumen Menghabiskan Uangnya. Diperoleh dari Tribun News: http://www.tribunnews.com/bisnis/2018/05/08/ada-perubahan-perilaku-cara-konsumen-menghabiskan-uangnya.
DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i1.3735
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi © 2024 by Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under CC BY-SA 4.0