Pengalaman Menonton Film sebagai Bentuk Mixed Reality: Studi Fenomenologi terhadap Penonton Film
Abstract
Pengalaman menonton film secara konvensional bisa disandingkan dengan konsep mixed reality. Sebab, menonton film bisa menjadi pengalaman yang memberikan keterlibatan secara mendalam. Munculnya keterlibatan yang mendalam dapat terjadi melalui proses imajinasi Gregory Currie yang diperdebatkan oleh Berys Gaut, serta transportasi, yaitu sebuah teori yang dicetuskan oleh Melanie Green pada serangkaian artikel jurnal, yang membahas mengenai perpindahan pikiran dan emosional ke dalam suatu narasi. Keterlibatan yang mendalam ini bisa menyebabkan penonton berada di antara dunia nyata dan dunia virtual. Melalui Reality-Virtuality Continuum, Paul Milgram menunjukkan bahwa mixed reality merupakan suatu bentuk realitas yang terjadi pada titik mana pun di antara ujung realitas dan virtualitas pada spektrum continuum tersebut . Paper ini bertujuan untuk mengonfirmasi bahwa pengalaman menonton film bisa digolongkan sebagai bentuk mixed reality dengan melakukan studi fenomenologi yang melibatkan wawancara terhadap informan dari kalangan penonton film, yang kemudian dikaitkan dengan konsep-konsep yang sebelumnya disebutkan. Melalui studi tersebut, dapat dikonfirmasi bahwa pengalaman menonton film memang merupakan salah satu bentuk mixed reality.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku, Jurnal, dan Artikel Ilmiah
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage publications.
Currie, G. (1995). Image and mind: Film, philosophy and cognitive science. Cambridge University Press.
Gaut, B. (1998). Imagination, interpretation, and film. Philosophical Studies: An International Journal for Philosophy in the Analytic Tradition, 89(2/3), 331-341.
Green, M. C. et. al. (2008). Transportation across media: Repeated exposure to print and film. Media Psychology, 11(4), 512-539.
Green, M. C., & Brock, T. C. (2000). The role of transportation in the persuasiveness of public narratives. Journal of Personality and Social Psychology, 79(5), 701721. doi:10.1037/0022-3514.79.5.701
Green, M. C., & Sestir, M. (2017). Transportation Theory. The International Encyclopedia of Media Effects, 114. doi:10.1002/9781118783764.wbieme0083
Green, M. C., Brock, T. C., & Kaufman, G. F. (2004). Understanding Media Enjoyment: The Role of Transportation Into Narrative Worlds. Communication Theory, 14(4), 311327. doi:10.1111/j.1468-
Leavy, P. (2017). Research design: Quantitative, qualitative, mixed methods, arts-based, and community-based participatory research approaches. Guilford Publications.
Lewis, John (2008). American Film: A History (1st ed.). New York: W. W. Norton & Company.
Milgram, P., & Kishino, F. (1994). A taxonomy of mixed reality visual displays. IEICE TRANSACTIONS on Information and Systems, 77(12), 1321-1329.
Quigley, M. (1947). Importance of the Entertainment Film. The ANNALS of the American Academy of Political and Social Science, 254(1), 6569. doi:10.1177/000271624725400111
Ruben, B. D., Stewart, L., & Householder, B. J. (2006). Communication and human behavior (5th ed.). New York: Macmillan.
Stapleton, C., Hughes, C., & Moshell, M. (2002). Mixed Reality and the Interactive Imagination: Adding the art to the science and technology of Mixed Reality for training, education and entertainment. First Swedish-American Workshop.
Berita Online
Deadline. (2018). U.S. Film Industry Topped $43 Billion In Revenue Last Year, Study Finds, But Its Not All Good News. Diakses pada 27 Maret 2020 melalui https://deadline.com/2018/07/film-industry-revenue-2017-ibisworld-report-gloomy-box-office-1202425692/
Film Indonesia. (2020). Perkembangan Film Indonesia 2019: Bukan sekadar jumlah penonton. Diakses pada 4 Mei 2020 melalui http://filmindonesia.or.id/article/perkembangan-film-indonesia-2019-bukan-sekadar-jumlah-penonton#.XtgRpmgzZPa
Guardian. (2001). Why do we go to the movies? Diakses pada 27 Maret 2020 melalui https://www.theguardian.com/film/2001/sep/05/artsfeatures.arts
Howstuffworks. Did one of the first film audiences panic over footage of a train? Diakses pada 27 Maret 2020 melalui https://entertainment.howstuffworks.com/first-film-audiences-panic-footage-train.htm
Medcom.id. (2020). Pendapatan dari Film Indonesia pada 2019 Ditaksir Tembus Rp2 Triliun. Diakses pada 4 Mei 2020 melalui https://www.medcom.id/hiburan/film/eN404a3N-pendapatan-dari-film-indonesia-pada-2019-ditaksir-tembus-rp2-triliun
The Editors of Encyclopaedia Britannica. (2019). Lumire brothers. Encyclopdia Britannica. Encyclopdia Britannica, inc. Diakses pada 27 Maret 2020 melalui https://www.britannica.com/biography/Lumiere-brothers
DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v6i1.8300
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi © 2024 by Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under CC BY-SA 4.0