AKTUALISASI MATA PELAJARAN PKN DI ERA GLOBALISASI UNTUK MEREKONSTRUKSI WAWASAN KEBANGSAAN DAN SEMANGAT NASIONALISME PADA SISWA SMA YADIKA SUMEDANG

Kevlin Anggriawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah hendak mengungkap sebuah fenomena yang terjadi pada saat ini khsusnya pada peserta didik sekolah menengah atas yang dimana di era globalisasi ini para peserta didik selalu terhipnotis oleh pengaruh negatif yang dihasilkan oleh arus globalisasi sehingga melupakan akan jati diri mereka sebagai generasi penerus bangsa. Tempat yang dijadikan penelitian ini adalah SMA Yadika Sumedang. Di SMA Yadika Sumedang sendiri pada saat ini cukup banyak peserta didik yang lupa akan tugas mereka sebagai generasi penerus bangsa dan tulang punggung negara di masa depan. Dalam penelitian ini peneliti mencoba mengungkap fakta dengan metode wawancara dan narasumber nya adalah Kepala Sekolah dan Guru di SMA Yadika Sumedang. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa adanya pertentangan di era globalisasi dengan karakter kebangsaan peserta didik SMA Yadika Sumedang. Untuk menanggulangi hal tersebut wawasan kebangsaan melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan perlu di genjot secara holistik..

References


Budimansyah Dasim. (2010). Tantangan Globalisasi Terhadap Pembinaan Wawasan Kebangsaan Dan Cinta Tanah Air Di Sekolah. Jurnal Pendidikan UPI. Vol. 11, No. 1, April 2010, hlm: 7-13.

Fatimah Mutiara Mellinda, Abdulkarim Aim, Iswandi Dede. (2020). Increasing Students Understanding Of National Insights Through Digital Literacy In Civic Education Learning. Jurnal Civicus UPI. Vol. 20 No. 1, Juni 2020, hlm: 31-39.

Jeynes H. William. (2019). A Meta-Analysis on the Relationship Between Character Education and Student Achievement and Behavioral Outcomes. Education and Urban Society Article. 2019, Vol. 51(1) Page : 33–71.

Kusmayadi Yadi. (2017). Hubungan Antara Pemahaman Sejarah Nasional Indonesia dan Wawasan Kebangsaan Dengan Karakter Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Galuh Ciamis). Jurnal AGASTYA. Vol 7 No 2 Juli 2017, hlm: 1-19.

Sofyan Silvia Fitri dan Sundawa Dadang. (2015). Hubungan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Peningkatan Wawasan Kebangsaan Dan Semangat Nasionalisme Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial UPI. Vol. 24, No. 2, Edisi Desember 2015, hlm: 185-199.

Sutarmi, Raharjo Tri Joko, & Pramono Suwito Eko. (2016). Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter sebagai Landasan Wawasan Kebangsaan di SMK Negeri 1 Kendal Kabupaten Kendal. Journal of Educational Social Studies. Vol. 5, No. 2, 2016, hlm: 136-144.

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional

Wahab Abdul Aziz dan Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta

Warka Made. (2011). Wawasan Kebangsaan Dalam NKRI. Yogyakarta: Andi Offset.

Widayanti Windy K.P, Armawi Armaidy, & Andayani Budi. (2018). Wawasan Kebangsaan Siswa Sekolah Menengah Atas Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa (Studi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Umum Berasrama Berwawasan Nusantara, SMA Umum Di Lingkungan Militer Dan SMA Umum Di Luar Lingkungan Militer Di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah). Jurnal Ketahanan Nasional UGM. Vol. 24, No. 1, April 2018, hlm: 1-26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.