Konstruksi Berpikir Peserta Didik Kelas VIII SMP dalam Memahami Peran Warganegara sebagai Aktualisasi Semangat Nasionalisme

Thoriq Abdul Aziz

Abstract


Nasionalisme merupakan aktualisasi peran warga-negara memahami kedudukan dirinya bersikap mencintai negara. Penelitian ini mengkaji mengenai cara berpikir dan pandangan peserta didik kelas 8 SMP Negeri 2 Cisompet, Kabupaten Garut sebagai warga-negara muda memahami peranan dirinya dalam kehidupan bernegara. Metode yang digunakan melalui pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara kepada 5 (lima) orang peserta didik kelas 8 mengenai pandangan mereka terhadap konsep cinta tanah air, hal yang harus dilakukan dan pemahaman mengenai negara menurut sudut pandang peserta didik kelas 8 SMP yang berumur 13-14 tahun. Hasil penelitian yakni 1) pandangan peserta didik terhadap nasionalisme bersifat terlalu konkret. 2) hal tersebut terlihat dengan pemahaman contoh nyata adanya negara dan kegiatan yang dilakukan 3) pandangan peserta didik kelas 8 masih terbatas kepada bahwa warga negara harus bersikap nasionalisme dengan menghormati identitas bangsa 4) solusinya adalah dengan membangun model pembelajaran yang meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik bukan hanya tekstual saja tetapi bisa diaktualisasikan.


Keywords


Konstruksi Berpikir; Nasionalisme; Peran Warganegar

Full Text:

PDF

References


Abdillah, F. (2021). Tracing’Profil Pelajar Pancasila’Within The Civic Education Textbook: Mapping Values For Adequacy. Jurnal Moral Kemasyarakatan. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/view/5906

Adha, M. M., Budimansyah, D., Kartadinata, S., & Sundawa, D. (2019). Emerging volunteerism for Indonesian millennial generation: Volunteer participation and responsibility. Journal of Human Behavior in the Social Environment, 29(4), 467–483. https://doi.org/10.1080/10911359.2018.1550459

Bahri, H. S., Sapriya, S., & Halimi, M. (2018). Penguatan wawasan kebangsaan generasi muda melalui kegiatan tadarus buku. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(2), 126–133. https://doi.org/10.21831/jc.v15i2.18398

Gephart, R. P. (2018). Qualitative Research as Interpretive Social Science. In The SAGE Handbook of Qualitative Business and Management Research Methods: History and Traditions (pp. 33–53). https://doi.org/10.4135/9781526430212.n3

Iriani, D., Budiono, A., & Wahid, S. H. (2021). Intergarasi Filsafat Pancasila Dan Binekatunggal Ika Dalam Penanggulangan Kejahatan Kriminalitas Pelajar Dan MahaPeserta Didik. Al-Syakhsiyyah: Journal of Law & Family Studies, 2(2), 268–287. https://doi.org/10.21154/syakhsiyyah.v2i2.2596

Ismail, M. M., Othman, Z., Hassan, N. A., Abdullah, N. H., Abdullah, A., & Mohamad Zan, U. M. S. (2019). Nation-Building Among Youths in Malaysia: the Civic Education Approach. Journal of Nusantara Studies (JONUS), 4(2), 390–409. https://doi.org/10.24200/jonus.vol4iss2pp390-409

Mathews, M. A. (2020). The Embeddedness of Nonprofit Leadership in Civic Governance. Voluntas, 31(1), 201–212. https://doi.org/10.1007/s11266-019-00139-y

Mazurkiewicz, F. P. (2019). Between Patriotism and Nationalism. Seen from the Perspective of Central Europe. Nation, State, Nation-State. http://www.pass.va/content/dam/scienzesociali/pdf/actapass22.pdf#page=336

Muhtarom, T. (2020). The comparison of nationalism and civic education value between indonesian and malaysian elementary school textbook. Elementary Education Online, 19(3), 1185–1199. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.728015

Muslim, B. (2014). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Konstruktif Peserta Didik Pada Pembelajaran Ips … [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/12978

Nani, P. S., Hartatik, A., Karimah, U., & ... (2020). Keterkaitan antara Perkembangan Peserta Didik dengan Faktor Teman Sebaya. Prosiding …. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1009

Nurfatimah, S. A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai Pancasila Dalam Menumbuhkembangkan Wawasan Kebangsaan Di Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 176–183. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1446

Rosmawati, R. (2018). PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK (PSIKOLOGI PERKEMBANGAN REMAJA). repository.unri.ac.id. https://repository.unri.ac.id/handle/123456789/9104

Rukmana, I. S., Samsuri, S., & Wahidin, D. (2020). Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Contoh Nyata Ketahanan Ideologi (Studi di Kampung Pancasila, Dusun Nogosari, Desa Trirenggo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2), 182. https://doi.org/10.22146/jkn.53815

Sujastika, I., & Abdulkarim, A. (2022). Civic Education Textbook Presentation of Seventh Grade Based on Cultural Literacy and Citizenship. Proceedings of the Annual Civic Education Conference (ACEC 2021), 636. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220108.032

Sundawa, D. (2017). Penguatan Karakter MahaPeserta Didik Yang Berwawasan Kebangsaan Dalam Menghadapi Tantangan Disintegrasi Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 1(1), 202–205. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27459

Sundawa, D. (2019). Participation and Contribution Through Cultural Event to Develop The Independent Character of Young Citizens. In atlantis-press.com. https://doi.org/10.2991/isot-18.2019.10

Thoilliez, B. (2019). Hope and education beyond critique. Towards pedagogy with a lower case ‘p.’ Ethics and Education, 14(4), 453–466. https://doi.org/10.1080/17449642.2019.1669379

Wati, L., & Sundawa, D. (2018). Character Education Model in Family to Create Good Citizen. In atlantis-press.com. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.129

Widayanti, W. P., Armawi, A., & Andayani, B. (2018). Wawasan Kebangsaan Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Peserta Didik (Studi Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas (SMA) Umum Berasrama Berwawasan Nusantara, SMA Umum Di Lingkungan Militer Dan SMA Umum Di Luar Lingkungan Militer Di K. Jurnal Ketahanan Nasional, 24(1), 1. https://doi.org/10.22146/jkn.32229

Wijayanti, D. (2018). Character Education Designed By Ki Hadjar Dewantara. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 85. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10865

Yogi Nugraha, Sapriya, Endang Danial, & Rahmat. (2020). Kurikulum Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Digital di Era Revolusi Industri 4.0. Buana Ilmu, 5(1), 199–211. https://doi.org/10.36805/bi.v5i1.1248


Refbacks

  • There are currently no refbacks.