Ekstrakulikuler Pramuka: Suatu Media Internalisasi Nilai-Nilai Moral Kemandirian Peserta Didik (Studi Deskriptif di SMA Negeri Bikomi Utara)

Adriana Kolo, Sarlince Sandy Mauk

Abstract


Riset ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran utuh terkait dengan peran kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam upaya internalisasi nilai-nilai kemandirian kepada peserta didik yang terjadi pada SMA Negeri Bikomi Utara. Metode penelitoan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif analisis dengan pendekatan kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) internalisasi nilai-nilai kemandirian peserta didik pada ekstrakurikuler pramuka melalui kegiatan baris berbaris, upacara, perkemahan sabtu minggu, lintas alam serta pengembangan keterampilan hidup; 2) internalisasi nilai-nilai moral kemandirian dilakukan melalui pembentukan sikap percaya diri, rasa tanggung jawab, kepemimpinan, kemampuan mengambil keputusan serta penyelesaian masalah (problem solving); 3) hambatan-hambatan dalam internalisasi nilai moral kemandirian melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka terdiri atas inkonsistensi beberapa angggota dalam berkegiatan, adanya keterbatasan dukungan sarana prasarana anggota pramuka serta antusiasme orang tua yang kurang dalam mendorong anak-anaknya mengembangkan diri pada kegiatan-kegiatan kepramukaan.


Keywords


Nilai Moral, Pramuka, Internalisasi, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Avianti, A. Z. (2018). Peranan orang tua dalam penerapan karakter kepemimpinan pada anak (studi kasus pada orang tua yang berprofesi sebagai guru) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Cahyorinartri, N. (2018). Motivasi mahasiswa berorganisasi di kampus. Jurnal Psikologi Insight, 2(2), 27-38.

Chaplin, James P. (2011). Kamus Psikologi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

DUNGGIO, W. S. (2021). Pengembangan Sikap Solidaritas Dalam Kegiatan Kepramukaan Di Madrasah Aliya Bahrul Ulum Di Kecamatan Batuda Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi, 1(221417026).

Fahmi, R., & Ikbal, A. (2020). Faktor-Faktor Determinan Peningkatan Tanggung Jawab Warga Negara Melalui Aktualisasi Kebijakan. Pelita: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 20(2), 102-116.

Fardila, V., Subekti, S., & Setiawati, T. (2015). Manfaat Pembelajaran “Prakarya Dan Kewirausahaan” Dalam Penumbuhan Sikap Wirausaha Siswa Sman 1 Cimahi. Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner, 4(2).

Firmansyah, Agus Zuli. (2015). Panduan Resmi Pramuka. Jakarta: Wahyu Media

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktek. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hamdan, H. (2018). Industri 4.0: Pengaruh revolusi industri pada kewirausahaan demi kemandirian ekonomi. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(2), 1-8.

Ibrahim, I., Kamaluddin, K., & Junadi, A. M. (2018). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pemuda Pesisir Melalui Pelatihan Manajemen Kepemimpinan Di Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(1), 43-47.

Ikbal, A. (2016). SUATU KAJIAN TENTANG FAKTOR-FAKTOR PENENTU TINGKAT PARTISIPASI POLITIK MAHASISWA DALAM PEMILIHAN UMUM PRESIDEN MAHASISWA UPI (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Ikbal, A., & Sunarno, A. (2023). INTEGRASI NILAI-NILAI KEBANGSAAN: SUATU METODE PEMBELAJARAN DALAM MENANGKAL RADIKALISME. Jurnal Paris Langkis, 3(2), 107-118.

Kamal, M., & Rochmiyati, S. (2022). Indikator Kemandirian dalam Profil Pelajar Pancasila pada Akhir Fase C Rentang Usia 12–15 Tahun. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 150-171.

Kharimah, A. F. A. (2022). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Free Fire Battlegrounds Terhadap Sikap Apatis Pada Remaja Di SMAN 1 Jombang (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Kolo, A., & Ikbal, A. (2022). Membina Karakter Aktivis Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 8(1), 11-21.

Martinis Yamin dan Bansu I Ansari. (2008). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press

Mastuti dan Aswi. (2008) Kiat Percaya Diri (Jakarta: PT. Buku Kita

Mawarti, R. A., & Sundawa, D. (2016). Peranan civic community dalam mendorong pemuda sebagai pelopor kemandirian bangsa (Studi kasus pada komunitas “Pasukan Kresek” di Kabupaten Malang Jawa Timur). Nurani: Jurnal Kajian Syari'ah dan Masyarakat, 16(2), 63-84.

Moleong Lexy J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muchtar, U. M., & Trisnamansyah, S. (2011). Implementasi Model Pembelajaran Kemandirian Berbasis Satya dan Darma Pramuka dalam Membentuk Generasi Muda Mandiri pada Kegiatan Alam Terbuka. Jurnal Ilmiah Visi, 6(2), 144-153.

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 20(4), 441-451.

Mumtaha, H. A., & Khoiri, H. A. (2019). Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce). JURNAL PILAR TEKNOLOGI Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Teknik, 4(2).

M. Nur Ghufron dan Rini Risnawita S. (2011). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Pangestika, M. D., & Sabardila, A. (2021). Peningkatan Pendidikan Karakter melalui Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Al Islam Kartasura: Enhancement Character Education through Scout Extracurricular at Junior High School Al-Islam Kartasura. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 25-39.

Parker, Deboar K. (2006). Menumbuhkan Kemandirian Dan Harga Diri Anak. Jakarta: Prestasi Pustakarya

Praditya, T. STUDI PUSTAKA TERHADAP PENGGUNAAN METODE PRAKTIK DALAM GERAKAN PRAMUKA UNTUK PENANAMAN SIKAP SOSIAL SISWA MI/SD (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi industri 4.0 dan tantangan perubahan sosial. IPTEK Journal of Proceedings Series, (5), 22-27.

Pratama, B. A., & Sari, D. S. (2020). Dampak Sosial Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Berupa Sikap Apatis di SMP Kabupaten Sukoharjo. Gaster, 18(1), 65-75.

Purwantini, T. B. (2016). Potensi dan prospek pemanfaatan lahan pekarangan untuk mendukung ketahanan pangan. Potensi dan prospek pemanfaatan lahan pekarangan untuk mendukung ketahanan pangan.

Raza, E., & Komala, A. L. (2020). Manfaat dan Dampak Digitalisasi Logistik di Era Industri 4.0. Jurnal Logistik Indonesia, 4(1), 49-63.

Rony, R. (2021). Urgensi Manajemen Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik: The Urgency of School Organizational Culture Management Against Character Building Students. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 98-121.

Sancaya, S. A. (2022). Implementasi Asas Tut Wuri Handayani Pada Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Dalam Demensi Kemandirian. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 2, 422-426.

Sri, M., & Setyadi, Y. B. (2023). Implementasi Nilai Demokrasi Pada Generasi Milenial Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di SMAN 1 Kartasura Periode 2021/2022 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Widayatie. (2009). Mengoptimalkan 9 Zona Kecerdasan Majemuk Anak. Jogjakarta: Luna Publisher.




DOI: https://doi.org/10.30596/pcej.v2i2.16037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Adriana Kolo, Sarlince Sandy Mauk

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.