Memperkuat Civic Engagement Pada Generasi Muda
Abstract
Penguatan civic engagement sangat diperlukan karena memiliki aspek yang penting bagi peningkatan sumber daya manusia dan juga memiliki tujuan-tujuan tertentu yang pastinya harus dicapai demi kemajuan suatu bangsa. Keterlibatan warga negara dalam kehidupan sosial menjadi harapan untuk mewujudkan cita-cita masyarakat. Civic Engagement salah satu konsep utama dalam Community Civics untuk dapat berpartisipasi dalam kehidupan public. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan memberikan gambaran mengenai bagaimana penguatan Civic Engagement pada generasi muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan, dimana peneitian ini akan menjabarkan secara deskriptif mengenai penguatan Civic Engagement pada generasi muda. Penelitian kepustakaan merupakan suatu penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada seperti, buku, berita, jurnal, dan sebagainya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Nasirin, I. (2018). Penguatan Civic Engagement Di Lembaga Pelayanan Sosial.
Journal Of Civic Education, 1(4), 325–332.
Bintari, P. N., & Darmawan, C. (2016). Peran Pemuda Sebagai Penerus Tradisi Sambatan Dalam
Rangka Pembentukan Karakter Gotong Royong. In Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (Vol. 25,
Issue 1).
Gusmadi, S. (2018). Keterlibatan Warga Negara (Civic Engagement) Dalam Penguatan Karakter
Peduli Lingkungan. In Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan (Vol. 9, Issue
Hajar, I., & Kharina, E. N. (2022). Peran Pemuda Karo Dalam Membangun Komunitas Belajar
Untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Anak Usia 7-12 Tahun Di Desa Samura.Jurnal
Cendekiawan Ilmiah PLS, 7(1). https://doi.org/10.37058/jpls.v7i1
Karliani, E. (n.d.). Membangun Civic Engagement Melalui Model Service Learning Untuk
Memperkuat Karakter Warga Negara. Jurnal Pendidikan Pancasila DanKewarganegaraan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sinta Roulina Sihombing, Hodriani Hodriani, Usman Alhudawi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.