Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Video Interaktif dalam Mengatasi Permasalah Belajar Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 35 Percut Sei Tuan

Alex Prayoga, Nur Arba Asari, Jihan Aisyah Ramadhania, Tifany Laura Balqis, Nabila Amanda Pulungan, Liber Siagian, Fazli Rachman

Abstract


Abstract

This study aims to improve the learning process in class IX-6 students at SMP Negeri 35 Percut Sei Tuan by using learning media in the form of interactive videos to overcome students' learning problems. This research uses a qualitative approach with the type of field research. The focus of this research was 32 students in class IX-6 of SMP Negeri 35 Percut Sei Tuan. The data collection techniques used in this research were observation, interviews and giving questionnaires to sources/respondents. The results of the research show that students in class IX-6 of SMP Negeri 35 Percut Sei Tuan find it easier to absorb knowledge by using learning media in the form of interactive videos. This interactive learning video increases students' interest in learning and makes it easier for students to learn in class.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran pada siswa kelas IX-6 SMP Negeri 35 Percut Sei Tuan dengan menggunakan media pembelajaran berupa video interaktif dalam mengatasi permasalahan belajar pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Fokus dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-6 SMP Negeri 35 Percut Sei Tuan sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan memberikan angket kepada narasumber/responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas IX-6 SMP Negeri 35 Percut Sei Tuan lebih mudah dalam menyerap ilmu dengan menggunakan media pembelajaran berupa video interaktif. Video pembelajaran interaktif ini meningkatkan minat belajar siswa dan mempermudahkan siswa dalam belajar di kelas.


Keywords


Innovation; Learning Media; Interactive. Inovasi; Media Pembelajaran; Video Interaktif

References


adminweb. (2021, Februari 13). PENDIDIK YANG BERKUALITAS. Retrieved September 23, 2023, from SMP NEGERI 6 BOGOR: https://smpn6bogor.sch.id/berita/detail/pendidik-yang-berkualitas-

Ali, Muhammad. (1992). Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa

Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Depdikbud (1992) lisan sebagai refleksi kearifan local, dalam menjaga sikap, perilaku dan etika

joglo, a. (2019, Juli 15). UU 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved September 23, 2023, from JOGLOABANG: https://www.jogloabang.com/pustaka/uu-20-2003-sistem-pendidikan-nasional

Kemp, J. E., & Smellie, D. C. (1989). Planning, Producing, and Using Instructional Media. New York: Harper & Row Publishers.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021, Agustus). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 312-325.

Muhammad, R. A. (2019). Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Qalamuna, 125-146.

Prof. Dr. I G. A., M. K. (2013). Hakikat Prinsip Dasar Pendidikan Dasar. -: Repository.ut.

Sri, D. R., & Fadhilla, Y. (2023). Pemahaman Wali Kelas Tentang Gaya Belajar Siswa. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1-8.

Wardani, R. K., & Harlinda, S. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 373

Weni, K. (2021). DESAIN PERENCANAAN PEMBELAJARAN. Jurnal An-Nur:Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman, 1-10.

Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1(1 Agustus),126–138. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8


Refbacks

  • There are currently no refbacks.