DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS KOLABORATIF DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Devi Thesia, Devi Putri Thesia, Dwi Valentina Sihite, Pebri Asina Panjaitan, Eshaulin Sembiring, Yosua Gabe Maruli Sijabat, Liber Siagian, Fazli Rachman

Abstract


ABSTRACT

Learning design is very important to achieve a learning goal. There are various kinds of learning designs that can be done, one of which is collaborative based learning design. This research aims to see how the efficiency of collaborative based learning design is applied in junior high schools, especially in Civics subjects. This research was conducted in class VII-7 SMP Negeri 27 Percut Sei Tuan. As for conducting this research using research methods with a qualitative approach, namely research conducted by collecting data that researchers have done based on the results of observations and questionnaires. The subject of this research is class VII-7 students of SMP Negeri 27 Percut Sei Tuan, totaling 30 people. The results showed that the collaborative learning design in junior high school was quite well implemented, it can be seen from the data obtained showing the attitude of contributing 76%, a sense of responsibility 66%, managing time 83%, courage to express opinions 76%, accuracy in finding sources of information 60%. The time of this research was conducted on September 18, 2023.

 

ABSTRAK

Desain pembelajaran sangat penting dilakukan untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Ada berbagai macam desain pembelajaran yang dapat dilakukan, salah satunya adalah desain pembelajaran berbasis kolaboratif. Penelitian ini bertujuan melihat bagaimana efisiensi desain pembelajaran berbasis kolaboratif diterapkan pada Sekolah Menengah Pertama khususnya pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-7 SMP Negeri 27 Percut Sei Tuan. Adapun dalam melakukan penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang telah peneliti lakukan berdasarkan hasil observasi dan angket. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII-7 SMP Negeri 27 Percut Sei Tuan yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa desain  pembelajaran  kolaboratif  pada  sekolah  menengah pertama sudah cukup baik dilakukan  penerapannya, dapat dilihat  dari  data  yang  diperoleh  menunjukkan sikap  berkontribusi 76%, rasa tanggung jawab 66%, memanajemen waktu 83%, keberanian panyampaian pendapat 76%, ketepatan mencari sumber informasi 60%. Waktu penelitian ini dilakukan pada 18 September 2023.

 



Keywords


Collaborative learning, efficiency, Civics. Pembelajaran kolaboratif, efisiensi, PPKn

References


Dewi, M. R., Mudakir, I., Murdiyah, S., Mipa, J. P., Keguruan, F., & Unej, U. J. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif berbasis Lesson Study terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa The Effect of Collaborative Learning Model with Lesson Study on Student Critical Thingking. JURNAL EDUKASI UNEJ, 3, 29–33.

Fitriasari, N. S., Apriansyah, M. R., Antika, R. N., Studi, P., Informasi, S., Indonesia, U. P., & Classroom, G. (2020). Pembelajaran kolaboratif berbasis online. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10, 77–86.

Hastin Riva Nugraheni, N. S. (2021). Konteibusi Pendidikan Dalam Pembangunan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume, 6, 1–11.

Isnawan, M. G., & Wicaksono, A. B. (2018). Model Desain Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 47. https://doi.org/10.31002/ijome.v1i1.935

Jultri, S. (2020). Desain Pembelajaran Pedati sebagai Alternatif. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III, 61–66.

Kusumastuti, E. C., Prihandono, T., & Supriadi, B. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN MEDIA SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP. 200–205.

Simbolon, N. (2013). Minat Belajar Siswa Dimasa Pandmi. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pendidikan Dasar, 1(2), 14–19.

Sulistyawati, N., & Zuchdi, D. (2016). Implementasi Teknik Pembelajaran Kolaboratif Dengan Variasi Media Untuk Peningkatan Hasil Belajar Di Smpn 2 Kalijambe. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(1), 50–61. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i1.9694


Refbacks

  • There are currently no refbacks.