PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DALAM MATA PELAJARAN PKN UNTUK MENGATASI PERMASALAHAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 27 MEDAN

Dorlince Hutapea, Riski sakti lumbangaol, Daniel David Sidebang, Taslima Amelia Taufik, Fazli Rachman, Liber Siagian

Abstract


Abstract

The use of modern learning media such as laptops and Power Point can be used if supported by adequate facilities. However, in some schools the use of learning media like this cannot be implemented so the learning media used is still conventional, such as using cardboard and cards. The aim of this research is to increase the learning interest of class VIII students at SMP Negeri 27 Medan in learning Citizenship Education. The research method uses a qualitative descriptive approach by collecting data through observation, interviews, documentation and literacy. The research results show an increase in interest in learning using conventional learning media. The use of conventional media is applied because modern learning media cannot be used. Even so, students' interest in participating in Citizenship Education lessons is increasing.

Abstrak

Penggunaan media pembelajaran modern seperti Laptop dan Power Point bisa digunakan jika ditunjang dengan fasilitas yang memadai. Namun dibeberapa Sekolah penggunaan media pembelajaran seperti itu belum bisa diterapkan sehingga media pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional seperti penggunaan Karton dan Kartu. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII di Smp Negeri 27 Medan pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Metode Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan literasi. Hasil Penelitian menunjukan terjadi peningkatan minat belajar dengan menggunakan media pembelajaran konvensional. Penggunaan media konvensional diterapkan karena media pembelajaran modern tidak bisa dilakukan. Meskipun begitu, minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan semakin membaik.


Keywords


Conventional Learning Media; Citizenship Education. Media Pembelajaran Konvensional; Pendidikan Kewarganegaraan

References


Ahmad, F. A., Tawil, M., & Rusli, M. A. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII (Studi Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia). Jurnal IPA Terpadu, 4(1), 81-89.

Ayu, I., Nandari, T., Suara, I., & Zulaikha, S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran VCT Bermuatan Cerita Berdilema Moral Terhadap HAsil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kamasan. Jurnal Undiksa, 1(1), 1–10

Aziz, T. A. (2023). Konstruksi Berpikir Peserta Didik Kelas VIII SMP dalam Memahami Peran Warganegara sebagai Aktualisasi Semangat Nasionalisme. Pancasila and Civics Education Journal (PCEJ), 2(2), 31-37.

Dr. I Komang Sudarma, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Berbasis Masalah Sosial Terhadap aAsil Belajar PKn Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10

Fitasari, D. N., Tohari, M., & Praptiningsih. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video pembelajaran Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IX MTs NU Ungaran. Jurnal Wasdapa UNDARIS, 3(1), 55–67.

Gani, A. A. (2018). Interaksi Antara Pemanfaatan Media Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 83–87. https://doi.org/10.31764/civicus.v6i2.677

Harpani, M., & Adawiah, R. (2020). Persepsi Guru Pendidikan PAncasila dan Kewarganegaraan Tentang Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 86–100.

Niska, B., & Gregorius, J. (2013). Penggunaan Media Poster Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–12.

Nurgiansah, T. H., & Widyastuti, T. M. (2020). Membangun Kesadaran Hukum Mahasiswa PPKn UPY Dalam Berlalu Lintas. Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pasundan, 2(2), 97–102. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Yusuf, R., Sanusi, Maimun, Fajri, I., & Putra, I. (2020). Hubungan Antara Kewarganegaraan Lingkungan Terhadap Perilaku Lingkungan Siswa Di Sekolah Adiwiyata. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 1–15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.