Analisis Perilaku Plagiarisme pada Lingkungan Akademis Mahasiswa serta Implikasinya Terhadap Nilai Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Dwita Meliani Harahap, Fiqri Subhan, Hanifa Putri Ramadhani, Hanifah Soraya, Kanaka Wirasana Pradityo, Petra Aprina Benedicta Sinaga, Taufiq Ramadhan, Yunisyia Puji Astuti

Abstract


Plagiarisme adalah tindakan populer dan cukup serius pada dunia akademis khususnya dikalangan mahasiswa Indonesia yang mana tindakan tersebut melanggar nilai yang terkandung pada Pancasila. Penelitian yang mencakup pada rendahnya kualitas mahasiswa di Indonesia. Terjadi kehilangan integritas intelektual dalam pendidikan yang harus di cegah dengan menghindari tindakan plagiarisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara deskriptif dan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dimana hasil dan pembahasan diperoleh melalui kajian literatur. Penelitian yang mengulas tentang konsep plagiarisme dan menghindari konsekuensi yang dapat terjadi kepada seorang mahasiswa yang melakukan tindakan plagiarisme. Pemberian langkah – langkah dalam mengenal bentuk  plagiarisme dan memberikan pemahaman dalam memberantas plagiarisme. Saat ini, plagiarisme adalah dampak negatif dari perkembangan zaman dan kemajuan teknologi akibat ketidaksiapan mahasiswa dalam menghadapi perubahan. Diyakinin plagiarisme dapat membantu dalam mempermudah tugas serta mempersingkat waktu dalam pengerjaannya. Tulisan ini menganalisis plagiarisme dari faktor penyebab hingga hukum yang tercakup, serta membahas berbagai solusi atas permasalah plagiarisme tersebut. Tindakan ini menjadi agenda yang harus diperbaiki oleh generasi bangsa sehingga tidak menjadi rutinitas buruk berujung kebiasan yang dilestarikan. Dalam meninggalkan perbuatan yang merugikan pendipta ide tulis, generasi muda terutama mahasiswa perlu membudayakan literasi sehingga tercipta integritas dalam menciptakan lingkungan pendidikan dan bermasyarakat yang jujur.

Keywords


Plagiarisme; Perkembangan Zaman;Mahasiswa; Nilai Pancasila

References


Aji, F. T. (2018). Perilaku plagiarisme di kalangan mahasiswa magister universitas airlangga (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Akib, I. (2016). Fenomena plagiarisme mahasiswa. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 4(1).

Fitriani, R., & Dewi, D. A. (2021). Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Tengah Arus Globalisasi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 514-522.

Isnaini, R. L. (2019). Turn Back Plagiarism! Budaya Organisasi Anti Plagiarism.Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), 174-187.

Lako, A. (2012). Plagiarisme akademik.Harian Jawa Pos Radar Semarang, Semarang.

MAWARDI, I. (2017). PLAGIARISM DENGAN JUDUL JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA KEWARGANEGARAAN. PENDIDIKAN PANCASILA KEWARGANEGARAAN.

Menteri Pendidikan Nasional.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 17 Tahun 2010 Tentang Pencegahan Dan Penangulangan Plagiat Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2010.

Misnaini, S. M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Prilaku Mahasiswa di Stik Bina Husada.Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 5(2), 75-84.

Oxford University.―Plagiarism.‖ English Oxford Living Dictionaries. Oxford: Oxford University Press, 2016.

Rusmiati, M. N., & Dewi, D. A. (2021). URGENSI NILAI PANCASILA PADA GENERASI MILLENIAL. Jurnal Edukasi Nonformal, 188-197.

Semadi, Y. P. (2019). Filsafat Pancasila dalam pendidikan di Indonesia menuju bangsa berkarakter.Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 82-89.

Setyawati, Y., Septiani, Q., Ningrum, R. A., & Hidayah, R. (2021).Imbas negatif globalisasi terhadap pendidikan di Indonesia.Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 306-315.

Shadiqi.(2019). Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme Dalam Menulis Karya Ilmiah.JURNAL PSIKOLOGI. 27(01).30-42.

Soemarmi, A., Indarti, E., Diamantina, A., & Pujiyono. (2019). KONSEP NEGARA KEPULAUAN DALAM UPAYA PERLLINDUNGAN WILAYAH PENGELOLAAN PERIKANAN INDONESIA. Jurnal Masalah-Masalah Hidup, 48(3), 241-248.

Suhadi, E. (2019). UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP SUATU KARYA CIPTA LAGU DARI PLAGIARISME DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 19 TAHUN 2002 TENTANG HAK CIPTA. Jurnal Ilmiah Hukum dan Keadilan, 6(1), 117-133.

Sukaesih.(2018). Permasalahan Plagiarisme Dalam Penelitian Kualitatif di Indonesia.JURNAL POLITIKOM INDONESIANA. 3(01). 210-2018.

Taufik, A., Sudarsono, G., Sudaryana, I. K., & Muryono, T. T. (2022). Pengantar Teknologi Informasi. Drestanta Pelita Indonesia Press, 1-113.

Wekke Ismail Suardi, d. (2019). Metode Penelitian Ekonomi Syariah. Yogyakarta: Penerbit Gawe Buku.

Yohana Inga, W. F. Y. (2010). PERILAKU PLAGIAT DI KALANGAN MAHASISWA EKSAK DAN NON EKSAK (Studi Deskriptif Persepsi Mahasiswa dan Sikap Staf Pengajar FST dan FISIP Terhadap Perilaku Plagiat di Universitas Airlangga Surabaya) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.