Telaah Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam Memperkuat Soft Skill Mahasiswa

Siti Nurjannah, Usman Alhudawi, Hodriani hodriani

Abstract


Perubahan situasi dan kondisi alam membuat seluruh aspek kehidupan berubah yang kemudian harus menyesuaikan dengan situasi terkini. Hal ini termasuk pada aspek pendidikan di Indonesia, yang merubah sesuai kurikulum pendidikan sesuai kebutuhan zaman. Kurikulum ini terlahir karena adanya dampak pandemi yang menyebabkan learning loss dan menyesuaikan tuntutan abad 21 yang menitik beratkan pada pendidikan berbasis luaran atau dikenal sebagai Outcomebased Education (OBE) hingga di butuhkan mahasiswa dengan lulusan yang memiliki soft skill yang baik guna bisa bersaing di dunia kerja. Dengan kebijakan kurikulum baru ini diharapkan mahasiswa dapat memperkuat soft skillI-nya dengan mengikuti program yang yang telah di sediakan oleh Kemendikbud. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan program Merdeka belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dapat memperkuat soft skills mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang di ikuti mahasiswa mampu memperkuat soft skills mahasiswa. Soft skill tersebut muncul dari pengalaman mahasiswa selama megikuti program MBKM yang akan berguna untuk kehidupan dunia kerja nantinya.

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Aris Junaidi dkk. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi.

Dony Teguh Budi. (2022). Perbandingan Kurikulum KKNI dan Kurikulum Merdeka. https://pijarnews.id/12686/opini/2022/perbandingan-kurikulum-kkni-dan-kurikulum-merdeka/

Elfindri, D. (2011). Soft Skills untuk Pendidik. Baduose Media.

Fahri Zulfikar. (n.d.). Kemdikbud dan Kemensos Ajak Mahasiswa Jadi Inovator Sosial Melalui “Pejuang Muda.” DetikEdu. Retrieved July 28, 2023, from https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5728354/kemdikbud-dan-kemensos-ajak-mahasiswa-jadi-inovator-sosial-melalui-pejuang-muda

Fitra Delita, Elfayetti, T. S. (2016). PENINGKATAN SOFT SKILLS DAN HARD SKILLS MAHASISWA MELALUI PROJECT-BASED LEARNING PADA MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI. 8(2), 124–135.

Hendayana, Y. (2021). Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) Tahun 2021 Dukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Irektorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaaan Melalui Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/program-kredensial-mikro-mahasiswa-indonesia-kmmi-tahun-2021-dukung-merdeka-belajar-kampus-merdeka/

Hikmawati, H. (2022). Melatih Soft Skills Mahasiswa Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022 di SDN 10 Ampenan. Unram Journal of Community Service, 3(2), 30–37. https://doi.org/10.29303/ujcs.v3i2.190

Hodriani, S.Sos., M.AP., M.Pd, et all. (2023). ANALISIS PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) DALAM MEMPERKUAT SOFT SKILL MAHASISWA SEBAGAI CALON GURU PROFESIONAL (STUDI KASUS IMPLEMENTASI MBKM DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN).

Jaenuri, J. (2017). Pengembangan Soft Skill Guru. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 123–140. https://doi.org/10.21274/taalum.2017.5.1.123-140

Kemendikbud. (n.d.). Mendikbud Luncurkan Empat Kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/01/mendikbud-luncurkan-empat-kebijakan-merdeka-belajar-kampus-merdeka

Kemendikbud. (2022). Merdeka Belajar : Kampus Merdeka. https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/about/tujuan

Kuncoro, J., Handayani, A., Suprihatin, T., Kuncoro, J., Handayani, A., & Suprihatin, T. (2022). Peningkatan Soft Skill Melalui Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ). Proyeksi, 17(1), 112–126. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jp.17.1.112-126

Memperkuat Soft Skill, 28 Mahasiswa Terbaik Politani Kupang Ikuti Program PMM 3. (n.d.). Politeknik Pertanian Negeri Kupang. Retrieved September 15, 2023, from https://www.politanikoe.ac.id/index.php/id/12-berita-politani/324-memperkuat-soft-skill-28-mahasiswa-terbaik-politani-kupang-ikuti-program-pmm-3

Nizam. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (1st ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020

Nur Hidayah Agustin, & Aziz, I. A. (2022). Strategi Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Perbankan Syariah melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Riset Perbankan Syariah, 1(1), 139–146. https://doi.org/10.29313/jrps.v1i2.1589

Nyoman, S. I. (2009). Holistik Soft Skills. Udayana University Press.

University of Brimingham. (2018). Character Education in Universities. The Oxford Charcter Project, 1–12. https://doi.org/www.jubileecentre.ac.uk


Refbacks

  • There are currently no refbacks.