Telaah Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam Memperkuat Soft Skill Mahasiswa
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Aris Junaidi dkk. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi.
Dony Teguh Budi. (2022). Perbandingan Kurikulum KKNI dan Kurikulum Merdeka. https://pijarnews.id/12686/opini/2022/perbandingan-kurikulum-kkni-dan-kurikulum-merdeka/
Elfindri, D. (2011). Soft Skills untuk Pendidik. Baduose Media.
Fahri Zulfikar. (n.d.). Kemdikbud dan Kemensos Ajak Mahasiswa Jadi Inovator Sosial Melalui “Pejuang Muda.” DetikEdu. Retrieved July 28, 2023, from https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5728354/kemdikbud-dan-kemensos-ajak-mahasiswa-jadi-inovator-sosial-melalui-pejuang-muda
Fitra Delita, Elfayetti, T. S. (2016). PENINGKATAN SOFT SKILLS DAN HARD SKILLS MAHASISWA MELALUI PROJECT-BASED LEARNING PADA MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI. 8(2), 124–135.
Hendayana, Y. (2021). Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) Tahun 2021 Dukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Irektorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaaan Melalui Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/program-kredensial-mikro-mahasiswa-indonesia-kmmi-tahun-2021-dukung-merdeka-belajar-kampus-merdeka/
Hikmawati, H. (2022). Melatih Soft Skills Mahasiswa Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022 di SDN 10 Ampenan. Unram Journal of Community Service, 3(2), 30–37. https://doi.org/10.29303/ujcs.v3i2.190
Hodriani, S.Sos., M.AP., M.Pd, et all. (2023). ANALISIS PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) DALAM MEMPERKUAT SOFT SKILL MAHASISWA SEBAGAI CALON GURU PROFESIONAL (STUDI KASUS IMPLEMENTASI MBKM DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN).
Jaenuri, J. (2017). Pengembangan Soft Skill Guru. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 123–140. https://doi.org/10.21274/taalum.2017.5.1.123-140
Kemendikbud. (n.d.). Mendikbud Luncurkan Empat Kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/01/mendikbud-luncurkan-empat-kebijakan-merdeka-belajar-kampus-merdeka
Kemendikbud. (2022). Merdeka Belajar : Kampus Merdeka. https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/about/tujuan
Kuncoro, J., Handayani, A., Suprihatin, T., Kuncoro, J., Handayani, A., & Suprihatin, T. (2022). Peningkatan Soft Skill Melalui Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ). Proyeksi, 17(1), 112–126. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jp.17.1.112-126
Memperkuat Soft Skill, 28 Mahasiswa Terbaik Politani Kupang Ikuti Program PMM 3. (n.d.). Politeknik Pertanian Negeri Kupang. Retrieved September 15, 2023, from https://www.politanikoe.ac.id/index.php/id/12-berita-politani/324-memperkuat-soft-skill-28-mahasiswa-terbaik-politani-kupang-ikuti-program-pmm-3
Nizam. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (1st ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020
Nur Hidayah Agustin, & Aziz, I. A. (2022). Strategi Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Perbankan Syariah melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Riset Perbankan Syariah, 1(1), 139–146. https://doi.org/10.29313/jrps.v1i2.1589
Nyoman, S. I. (2009). Holistik Soft Skills. Udayana University Press.
University of Brimingham. (2018). Character Education in Universities. The Oxford Charcter Project, 1–12. https://doi.org/www.jubileecentre.ac.uk
DOI: https://doi.org/10.30596/pcej.v3i1.17022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Siti Nurjannah, Usman Alhudawi, Hodriani hodriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.