The Function of Pancasila Education in Elementary Schools in Promoting Students’ Interpersonal Intelligence

Lutfi Abdul Aziz, Putri Utami Ramadhan

Abstract


Pendidikan Pancasila di MI/SD memiliki peran yang strategis dalam membentuk karakter dan kecerdasan interpersonal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak dan efektivitas Pendidikan Pancasila terhadap perkembangan kecerdasan interpersonal siswa di tingkat MI/SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait kurikulum Pendidikan Pancasila. Responden utama adalah siswa MI/SD yang telah mengikuti mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Pancasila di MI/SD memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kecerdasan interpersoanl siswa. Pembelajaran yang berorientasi pada nilai-nilai Pancasila seperti gotong royong, musyawarah mufakat, menghargai perbedaan, menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan hubungan sosial yang positif di antara siswa. Selain itu, penerapan nilai-nilai Pancasila secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari membantu siswa dalam memahami dan mengaplikasikan kecerdasan interpersonal siswa.

Keywords


Fungsi, Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar, Kecerdasan Interpersonal

References


Alamsyah, S. (7 de November de 2022). Bocah SD Tawuran Bawa Celurit, Disdik Sukabumi: Tidak Ada Korban. Fonte: Detik.com: https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4916712/bocah-sd-tawuran-bawa-celurit-disdik-sukabumi-tidak-ada-korban

Juniarti, F., & Jumiatin, D. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia Dini di RA Al-Hidayah Bandung. Jurnal Ceria, ISSN : 2614-6347 (Print) 2614-4107 (Online) Vol.1, No.5.

Mohaemin, & Fitrianto, Y. (2022). Mengembangkan Potensi Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Majemuk. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Nabilla, F. (23 de Oktober de 2022). Kronologi Bocah SD di Tasikmalaya Meninggal Depresi Usai Dipaksa Temannya Setubuhi Kucing. Fonte: suara.com: https://www.suara.com/news/2022/07/21/151223/kronologi-bocah-sd-di-tasikmalaya-meninggal-depresi-usai-dipaksa-temannya-setubuhi-kucing

Nurmalisa, Y. e. (2020). Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Civic Concscience. Jurnal Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik PKn , Volume 07, No. 1, Mei 2020, pp. 34-46.

Nurunnisa, E. C. (2017). Melek Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, Vol. 2, No. 2, Oktober 2017: hal, 10–17.

Qowiyah, S. H. (2020). Analisis Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, , Vol.11, No.2, hal, 96-101. .

Rohmiani, A. (2018). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal terhadap Kesejahteraan Psikologis pada Remaja di MTsN 6 Tulungagung. . Malang: Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sa’diyah, M. K., & D. A. , D. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 6 Nomor 2: hal. 9940-9945.

Salsabila, S., & Zafi, A. (2020). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 7, No. 1, Hal. 35-42.

Sary, Y. N. (2018). Relationship of Parenting with Child Interpersonal Intelligence in Wonokerto Village, Lumajang Regency. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 2 Issue 2: Pages 137-142.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.