Pengaruh Media Open the Box Berbasis Wordwall pada Mata Pelajaran PPKn untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII 5 SMPN 38 Palembang
Abstract
Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yakni menggunakan media pembelajaran yang baik dan tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII.5 di SMP Negeri 38 Palembang melalui penggunaan media pembelajaran open the box. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini yakni peserta didik kelas VII.5 yang berjumlah 36 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Penelitian ini dianalisis menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu pada siklus 1 nilai rata-rata peserta didik yakni 66,11 dengan presentase ketuntasan sebesar 52,7% yaitu sebanyak 19 peserta didik yang tuntas dan 17 orang peserta didik yang tidak tuntas. Pada siklus 2 mengalami peningkatan 38,9% dibandingkan dengan siklus 1 sebelumnya. Nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus 2 yakni sebesar 81,38 dengan presentase ketuntasan 91,6% yaitu 33 orang peserta didik yang tuntas dan 3 orang peserta didik yang tidak tuntas.
Keywords
References
Sitepu, E. M. R., Nainggolan, J. A., & Lumbansiantar, R. A. (2023). Urgensi Bagi Pendidikan di Negera Indonesia yang sedang Berkembang. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 100-108.
Noe, W., Hasmawati, H., & Rumkel, N. (2021). Pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana pendidikan karakter menurut pemikiran Udin S. Winataputra. Untirta Civic Education Journal, 6(1).
Mahpudz, A., Palimbong, A., & Lande, A. (2020). Menguatkan Nilai Toleransi Mahasiswa Untuk Meneguhkan Jatidiri Sebagai Warga Negara Di Era Global. Journal of Civics and Moral Studies, 5(2), 22-32.
Parikesit, H., Adha, M. M., Hartino, A. T., & Ulpa, E. P. (2021). Implementasi teknologi dalam pembelajaran daring di tengah masa pandemik COVID-19. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 545-554.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Kemendikbud. (2020). Open the Box. Diakses pada 10 Oktober 2021, dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/open-the-box
Nafi'ah, T. (2021). Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tajwid Melalui Model Card Sort Berbasis Wordwall Siswa Kelas IV MI Plus Bunga Bangsa Tahun Ajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Triaswari, F. D., Sutrisno, S., Adiyaksa, W., & Rustiya, S. A. (2023). Aktualisasi Pendidikan Nilai Dan Moral Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Pembelajaran Berbasis Permainan Wordwall. Edupedia, 7(1), 38-56.
Johnson, B., & Christensen, L. (2019). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. Sage Publications.
Suryadi, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 228-237.
Erlande, R. (2024). Akselerasi pendidikan karakter melalui integrasi kearifan lokal dalamPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Journal of Humanities and Civic Education, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.33830/jhce.v2i1.5832.
Erlande, R. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Dalam PPKN Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Erlande, R., & Chotimah, U. (2023, August). The Effect of the Application of the Treffinger Model on Creative Thinking Ability in Pancasila and Civic Education Class VII SMPN 17 Palembang. In 4th Annual Civic Education Conference (ACEC 2022) (pp. 496-504). Atlantis Press.
DOI: https://doi.org/10.30596/pcej.v3i3.21459
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fathur Al Athur, Alfiandra Alfiandra, Ervinna Hasdawaty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.