PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS PADA REMAJA USIA PRODUKTIF DI KECAMATAN BERINGIN KABUPATEN DELI SERDANG


Abstract


Kegiatan pengabdian bagi masyarakat, khususnya program Ipteks bagi Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris pada remaja usia produktif di kecamatan Beringin, kabupaten Deli Serdang. Khalayak sasaran program pengabdian ini adalah remaja karang taruna usia produktif (17-21 tahun) di Kecamatan Beringin, khususnya Karang Taruna Bina Remaja Desa Karang Anyar dan Karang Taruna Pw Asri Desa Sidodadi Ramunia dengan jumlah sasaran 10 orang. Adapun ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditransfer adalah korespondensi bahasa Inggris berupa; 1) pembuatan surat lamaran kerja, 2) daftar riwayat hidup (CV), dan 3) wawancara dalam bahasa Inggris, untuk dapat dipraktekkan menjadi beragam bentuk/ jenis/ekspres.Keseluruhan proses transfer iptek dilaksanakan dengan pola pendidikan dan pelatihan yang meliputi sosialisasi dan pelatihan kepada remaja karang taruna guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka dalam berbahasa Inggris yang dikembangkan melalui pembekalan wawasan pengetahuan dan keterampilan praktik korespondensi bahasa Inggris disesuaikan dengan permintaan kerja, sehingga diharapkan kegiatan yang dilatihkan kepada remaja karang taruna ini dapat digunakan dan bermanfaat pada akhirnya bagi kehidupan mereka.


Full Text:

PDF


Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.