Penggunaan Media Sosial Untuk Pemasaran Produk Kripik Emping Pada Usaha Keluarga di Desa Kampung Kolam

Siti Hariati, Muhammad Irfan Nasution

Abstract


Kuliah Kerja Nyata secara langsung akan menunjukkan keterkaitan langsung antara dunia pendidikan dan upaya perwujudan kesejahteraan masyarakat. Beberapa aspek yang diperlihatkan dalam pelaksanaan kuliah kerja nyata adalah yang pertama keterpaduan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yang berupa pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Program utama kegiatan KKN ini menyusung tema ekonomi dan kewirausahaan dengan metode pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan sosialisasi dampak positif penggunaan media sosial untuk pemasaran produk keripik emping dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat seperti pengertian, tujuan dan manfaat dari media sosial. Pengguna media sosial ini sangat bermanfaat dan berdampak positif bagi UMKM rumahan untuk lebih meningkatkan penjualan produknya guna meningkatkan pendapatan mereka. Selain itu, masyarakat juga diberikan edukasi bagaimana cara menggunakan media sosial untuk menjual atau memasarkan produknya. Tujuan dari pelatihan menerapkan media sosial yaitu guna meningkatkan penjualan masyarakat,dan menunjang perekonomian di Desa Kampung Kolam

Full Text:

PDF

References


Andri, A., #1, H., Nurina, B., #2, S., Nur, T., & #3, P. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Karawang. Jurnal PengabdianMasyarakatJ-Dinamika,4(2). https://www.youtube.com/watch?v=LSDBpMSX40c.

Gultom, D. K., Pulungan, D. R., & Farisi, S. (2019). Pembinaan dan Pendampingan Internet Marketing Guna Peningkatan Daya Saing pada Usaha Mikro Handycraft di Kota Medan. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 339–347. https://doi.org/10.21067/JPM.V4I1.2700

Handika, F. S., & Azhara, S. U. (2019). Membangun Ekonomi Masyarakat Melalui Edukasi Dan Pelatihan Wirausaha Kreatif. Kuat : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(2), 83–88. https://doi.org/10.31092/Kuat.V1I2.467

Jannatin, R., Wardhana2, M. W., Haryanto, R., Pebriyanto, A., & Banjarmasin, P. N. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130. https://doi.org/10.31961/IMPACT.V2I2.844

Jufrizen, J., Sari, M., & Fahmi, M. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Usaha Bersama Pembuatan Aneka Makanan Ringan. Khadimul Ummah, 2(1), 25–32. https://doi.org/10.21111/KU.V2I1.2654

N. (2022). Peningkatan Kapasitas UMKM Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Strategi Pemasaran Digital. J-LAS (Journal Liaison Academia and Society), 2(1), 33–38. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/J- LAS/article/view/214

Lestari, L., Ginanjar, Y., Amanda, H., Study Manajemen, P., Ekonomi dan Bisnis, F., Angkrek Situ No, J., & Utara Sumedang, S. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Guna Meningkatkan Produktivitas Umkm Cita Rasa Ibu Rika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Buahdua. Jurnal Pengabdian FEB UNSAP, 1(1). https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jpfeb/article/view/125

Abdi, J., Humanis, M., Sunardi, N., Sarwani, ;, Nurzaman, ; E, Pranoto, ;, & Hasmanto, ; R Boedi. (2020). Peran Digital Marketing dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan UKM yang Berdampak pada Kesejahtraan Masyarakat di Kab. Purwakata di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1). https://doi.org/10.32493/JAMH.V2I1.9463

Nasution, M. I., Prayogi, M. A., Mirsya, S., & Nasution, A. (2017). Pembinaan Pengelolaan Manajemen Usaha Dan E-Marketing Pada Pelaku Usaha Industri Mikro Pengrajin Sepatu Di Kecamatan Medan Denai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(2), 292–299. https://doi.org/10.24114/JPKM.V23I2.7028




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.