Pengembangan Literasi Membaca, Menulis dan Bercerita Anak-Anak di Desa Tanjung Jati

Fadli Zikri, Faizal Hamzah Lubis

Abstract


Program kegiatan KKN yang berjudul pengembangan literasi membaca, menulis dan bercerita anak-anak di Desa Tanjung Jati merupakan bagian dari kegiatan tri dharma perguruan tinggi yang dilakukaan setiap mahasiswa. Adapun tahapan kegiatan pertama, anak-anak diminta membacakan cerita rakyat dengan ekspresi penuh untuk melatih kemampuan mereka membaca dan berbicara. Setelah itu, anak-anak mengajar menulis dan berhitung. Pada kegiatan berikutnya, anak-anak kelas 6 dilatih berbicara bahasa Inggris, serta diberi kesempatan untuk menonton film anak-anak dan menceritakan kembali isi film tersebut di depan teman-teman mereka untuk melatih public speaking. Metode yang digunakan adalah bercerita (storytelling) dengan pendekatan yang sesuai dengan usia dan minat anak-anak. Sebelum kegiatan dimulai, tim KKN juga melakukan wawancara dengan kepala desa dan kepala sekolah untuk mengetahui kondisi awal kemampuan membaca dan menulis anak-anak. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca, menulis, dan berbicara anak-anak meningkat. Mereka menjadi lebih antusias dalam belajar. Kesimpulannya, metode bercerita interaktif dan sesuai dengan karakter anak-anak terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi mereka

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., & Yuliati, L. (2022). Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa Melalui Pemahaman Literasi Digital pada Masa Pandemi Covid-19. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 13–19. https://doi.org/10.54951/comsep.v3i1.146

Darmawansyah, T. T., Aguspriyani, Y., Setiadi, R. M., Marfu’ah, S., & Polindi, M. (2023). Dampak Kegiatan Kuliah Kerja Nyata dalam Meningkatkan Kegiatan Literasi Anak di Lingkungan Sekolah Desa Kertaraharja. Turast: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 11(1), 39–44. https://doi.org/10.15548/turast.v11i1.4714

Djuko, R. U. (2021). Meningkatkan MinatMembaca pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar di PAUD Andini Kelurahan Bulotadaa Timur Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Pengabdian Masyarakat, 01(December), 129–136.

Listrianti, F., Azizah, R. N., & ... (2023). Peningkatan Literasi Dan Numerasi Melalui Program KKN Outcome Based Education (OBE) di MI Azzainiyah II Karanganyar Paiton. Jurnal Informasi …, 1(4), 174–185. http://e- journal.nalanda.ac.id/index.php/jipm/article/view/575

Muniarty, P., Wulandari, W., Ansyarif, A., & ... (2021). Pendampingan Baca Tulis Al Quran bagi Anak-Anak di Lokasi KKN Kelurahan Dodu Kota Bima. Jumat Keagamaan …, 2(2), 4. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdi masagama/article/view/1906

Rahmawati, Z. N. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Bagi Masyarakat Desa Sukowilangun Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang. At-Tamkin: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 51–59. https://ejournal.uniramalang.ac.id/attamki




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.