Pendampingan Pemanfaatan Media Digital Untuk Meningkatkan Akses Pasar Produk UMKM Masyarakat Desa Bagan Kuala Kabupaten Serdang Bedagai

Muhammad Prakoso Prabhaswara, Muhammad Thariq, Sigit Hardiyanto

Abstract


v>Masalah adaptasi teknologi dapat dilihat dariketerbatasan literasi digital yang membuat sebagian pelakuUMKM masih kesulitan memahami serta menerapkanpenggunaan platform media digital seperti live Instagram,marketplace, dan aplikasi pemasaran teknologi lainnya. Halini mengakibatkan kurangnya optimalisasi penggunaanmedia dalam rangka meningkatkan jangkauan pasar.Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untukmemberikan pendampingan pemanfaatan media digital untukmeningkatkan akses pasar produk UMKM masyarakat DesaBagan Kuala Kabupaten Serdang Bedagai. Metodepelaksanaan pengabdian kepada masyarakat denganpendekatan partisipatif dan kolaboratif dengan melibatkanmasyarakat dalam semua tahap, yaitu perencanaan,pelaksanaan, dan penilaian. Mereka melakukan hal inidengan cara mengenali permasalahan, meningkatkanpemahaman, dan mendorong partisipasi masyarakat. Hasilkegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat memberikankontribusi positif dalam meningkatkan pengetahuan sertapemahaman masyarakat sebagai pelaku UMKM di DesaBagan Kuala Kabupaten Serdang Bedagai, melalui mengenaiasal-masal tentang keberadaan UMKM. Melalui kegiatansosialisasi dan pendampingan, dapat memperkuat posisiUMKM yang dikelola masyarakat di tengah persaingan

Full Text:

PDF

References


Devi, Y. D., Nurhayati, N., Saefurrohman, G. U. S., & Rakhmat, R. (2022). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Sosial Yang Efektif Dan Kualitas SDM Terhadap Tumbuh Kembang Umkm Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Falah Journal of Sharia Economic Law, 3(2), 17–40. https://doi.org/10.55510/fjhes.v3i2.137

Indah, C. L., Alfarizy, R., & Wahjono, S. I. (2025). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Ekonomi Lokal di UMKM Surabaya. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial (EMBISS), 5(2), 130–136. https://doi.org/https://doi.org/10.59889/embiss.v5i2.361

Kurniyanto, I. R., Destiarni, R. P., Arifiyanti, N., Rahmania, H. K., & Saroh, N. M. (2025). UMKM Melek Aturan: Pendampingan Intensif Legalitas Usaha UMKM di Desa Parseh Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 9(3), 673–681. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/ja.v9i3.23816

Octaviani, V., & Narti, S. (2025). Penguatan kapasitas teknik komunikasi persuasif konten kreatif bagi UMKM di Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu. Jurnal Indonesia Berdaya, 6(2), 559–566. https://doi.org/https://doi.org/10.47679/ib.20251082

Ramadhan, T. S., Wahyuningtiyas, N., & Arsyianto, M. T. (2024). Mengangkat Potensi UMKM: Strategi Digital Marketing Untuk Sukses Pemasaran. Jurnal Abdi Insani, 11(2), 1263–1273. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i2.1492

Ratama, N., Munawaroh, & Mulyati, S. (2024). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Mendorong Pertumbuhan UMKM di Pedesaan Dengan Model Jaringan Internet Desa Sebagai Solusi. Abdi Jurnal Publikasi, 2(6), 285–289. https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/AJP/article/view/1131/660




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.