Pembuatan Hand Sanitizer Dan Alat Cuci Tangan Dengan Injak Di Desa Pematang Ganjang

Nurhajijah Nurhajijah, Fitria Fitria, Wahyuni Umami Harahap

Abstract


Abstrak.

Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Virus ini merupakan jenis baru (varian) dari Severe Acute Resipratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang menyebabkan gangguan pernapasan, infeksi paru-paru yang berat hingga kematian. Mayoritas warga pematang ganjang berprofesi sebagai petani padi. Petani di desa pematang ganjang tetap harus beraktivitas dalam kegiatan sehari-hari seperti biasa yaitu melakukan budidaya padi serta kegiatan lainya. Petani harus bekerja dalam kondisi apapun, baik dalam era pandemic covid 19 dan new normal, karena ketersediaan pangan sangat ditentukan oleh kelangsungan kerja petani. Tujuan dari PKM ini agar petani mengetahui cara pembuatan handsanitaizer dan alat cuci tangan dengan sistem injak sehingga petani dapat bekerja dengan resiko yang minim. PKM ini dilakukan dengan cara penyuluhan, sosialisasi dan pembuatan alat cuci tangan sistem injak serta pembuatan hand sanitizer. Pelaksanaan PKM berjalan dengan lancar dan petani sangat tertarik untuk membuat hand sanitizer dan alat cuci tangan sistem injak yang pembuatannya sangat mudah dan murah. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa 100% dari anggota yang mengikuti pelatihan menyatakan bersedia untuk membuat hand sanitizer sendiri dan 100% alat cuci tangan sistem injak bisa disediakan disetiap tempat keramaian.


Full Text:

PDF

References


Referensi

Alamsyah, Ichsan Emrald. Kementan Siapkan Strategi Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi.1Mei2020. https://republika.co.id/berita/q9nnon349/kementansiapkan-strategi-ketahanan-pangan-di-tengah pandemi. Diakses 22 Juni 2020.

Aria, Pingit. Menguatnya Peran Agritech untuk Ketahanan Pangan di Masa Pandemi. 30 April 2020. https:// katadata .co. id/berita/2020/04/30/menguatnya-peran-agritech- untuk-ketahanan-pangan-di-masa pandemi. Diakses pada 22 Juni 2020.

Burgui, D. 2020. Coronavirus: How action against hunger is responding to the pandemic. https://www.actionagainsthunger.org/story/coronav irus-how-action-against-hunger-respondingpandemic. Diakses pada 22 Juni 2020.

Utami,Wahyu Dian. 2020. Ketahanan Pangan dan Ironi Petani di Tengah Pandemi COVID-19. https:// kependudukan. lipi.go.id/id/berita/53mencatatcovid19/879-ketahanan-pangan-dan-ironi-petani-di-tengah-pandemi-covid-19. Diakses pada 22 Juni 2020




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.