Pengaruh Penerapan Kurikulum KKNI terhadap Kualitas Mahasiswa

Septiana Geovani Naibaho, Selna Aprilia Sidauruk, Rapika Kesatriani Damanik, Safri Sihombing

Abstract


Pendidikan yang berkualitas merupakan salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan di tahun 2030. Tercapainya pembangunan berkelanjutan di tahun 2030 sangat dipengaruhi oleh kualitas pendidikan suatu negara. Mahasiswa adalah agent of change dan generasi millineal yang menjadi titik tumpu terwujudnya Sustainable Development Goals 2030. Kualitas mahasiswa di Perguruan Tinggi sangat dipengaruhi oleh implementasi kurikulum yang menjadi acuan pembelajaran. Adapun objek penelitian ini adalah mahasiswa Unimed sebanyak 143 responden angkatan/stambuk 2016 dan 2017, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket. Penelitian ini termasuk penelitian expost facto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X (Kurikulum KKNI) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel Y (Kualitas Mahasiswa) dengan hasil dari t-hitung> t-tabel (10,799 > 1,9769) dan taraf signifikansi alpha (0,05) Penerapan Kurikulum KKNI < 5% (0.000 < 0,005).



DOI: https://doi.org/10.30596/ijems.v1i1.2428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Journal of Education and Mathematics Science

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ijems@umsu.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.