Pembelajaran Akuntansi Keuangan dengan Model Pembelajaran Wordsquare

Fatmawarni ,, Aswin Bancin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini  diawali dengan adanya fenomena yang terjadi pada mahasiswa, dimana hasil belajar akuntansi khususnya dalam menyusun laporan keuangan menunjukkan hasil yang belum memuaskan, terutama dalam hal melakukan pencatatan aktivitas ekonomi pada perusahaan. Salah satu dalam penyusunan laporan keuangan perlu dilakukan adalah  pencatatan yaitu proses menjurnal, Berdasarkan hasil penelitian terdahulu hasil belajar dalam kompentensi pencatan dalam jurnal umum hasil belajarnya menunjukkan 31 %, dan dalam melakukan pencatan dalam jurnal penyesuaian 26 % , setelah diamati maka kurangnya hasil belajar tersebut disebabkan anak kurang mampu menetapkan akun debit dan akun kredit.Dalam penelitian ini untuk mengatasi solusi tersebut maka dirasa perlu untuk memberikan lembar kerja mahasiswa agar mahasiswa dapat melatih dirinya mengerjakan soal-soal akuntansi melalui model pembelajaran word square. Model pembelajaran word Square adalah model pembelajaran yang sangat menyenangkan dimana sianak asyik mengarsir kata-kata perkata melalui nama-nama akun yang sudah disusun sedemikian rupa. Huruf-huruf  dalam pembelajaran word square tersebut adalah huruf-huruf yang berhubungan dengan akun laporan keuangan. Melalui lembar kerja mahasiswa ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pembelajaran dengan model word square , dan menggunakan strategi pembelajaran antara lain adalah  strategi Learning Stars With a Quation. Dimana dalam strategi ini setiap masalah diawali dengan pertanyaan. Pertanyaan merupakan suatu motivasi dalam pembelajaran, dan selain dari pada itu untuk mengkolaborasikan peneliti menggunakan metode drill yaitu mahasiswa diwajibkan untuk mengerjakan tuugas-tugas akuntansinya. Untuk mengamati aktivitas anak dalam belajar peneliti dalam hal ini menyediakan lembar observasi yang berisikan pengamatan mengenai aktivitas-aktivitas dalam hal bertanya, mengerjakan latihan-latihan akuntansi, dan antusias dalam mengikuti pelaajaran. Serta keaktifan dalam bekerja dalam kelompoknya. Pengolahan data hasil belajar  dilakukan dengan menggunakan metode persentase dari persentase tersebut lalu dianalisis untuk mengambil sebuah kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian ada peningkatan hasil belajar sebelum diberlakukan pembelajaraan wordsquare dan setelah pembelajaran wordsquare yaitu hasil belajar 90 s/d 100 ada kenaikan 25% dan hasil belajar 70 s/d 80 ada kenaikan 42,5%. Disamping

 

Keywords: LKM,wordsquare,hasil belajar 


DOI:

https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i2.1379


Full Text:

PDF

References


Benny A.Pribadi.(2009). Langkah Penting merancang kegiatan peembelajaran yang efektif dan berkualitas.Dian Rakyat.Jakarta.

Dick dan Carey (2005:7)the systematic Design of Instruction third ed,florida Harper Collins Publisher.

Hamzah.B.Uno,2008.model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif.Bumi Aksara. Jakarta.

Majid, abdul. 2006. Perencanaan pembelajaran,Rosdakarya: bandung

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa, Enco,2006. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Rosdakarya. Bandung.

Munawir,1997. Analisa Laporan Keuangan. Liberty. Yogyakarta. Bandung

Ratna Wilis Dahar (1986) mandiri

http://wyw1d.wordpress.com/2009/11/14/model-pembelajaran-word-square

Sani abdullah Ridwan.2014.Pembelajaran Saintifik untuk kurikulum 2013..Bumi Aksara. Jakarta.

Soekartawi, 2003. Prinsip Dasar e-Learning dan Aplikasinya di Indonesia, Jurnal Teknodik Vol. VII No. 12.

Soekartawi, A. Haryono dan F. Librero, 2002, Greater Learning Opportunities Through Distance Education: Experiences in Indonesia and the Philippines. Southeast Journal of Education, December 2002.

Sutikno, M. Sobry. 2009. Pengelolaan Pendidikan: Tinjauan Umum dan Konsep Islami. Bandung: Prospect

, 2004. Prospek Komputer Sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Sistem Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia, Jurnal Pusat Studi Indonesia, Vol. 8 No. 2.

James, warren,jonathan. 2009. Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia.Salemba empat.Jakarta.

Pribadi, Benny & Rosita, A. Tita, 2004. Prospek Komputer Sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Sistem Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia, Jurnal Pusat Studi Indonesia, Vol. 8 No. 2.

Rudianto, 2012. Pengantar Akuntansi konsep dan teknik penyusunan laporan keuangan.Erlangga.Jakarta.

Rusmono dan Bambang Suharmantri, 2002. Pembelajaran Berbasis Web dan Komputer (Computer and Web-Based Instruction), Teknodik Vol. VI No.11.

Soemarso, 2004. Akuntansi suatu pengantar.Salemba empat.Jakarta

Suparman(1997:157).AnalisisPembelajaran. Depdikbud. Jakarta

Widia, 2010. Pengantar Akuntansi keuangan. Perdana Publishing. Medan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam is abstracting & indexing in the following databases:

        

Creative Commons License
Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidian Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2598-0033 (Online) || ISSN: 1979-9950 (Print)

 

View My Stats