PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DOSEN TETAP AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Robie Fanreza

Abstract


Abstrak

 

Betapa pentingnya menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam didalam keluarga. Setiap orang tua tentu mendambakan anaknya menjadi anak yang saleh, yang memberi kesenangan dan kebanggaan kepada mereka. Kehidupan seorang anak tidak  lepas dari keluarga (orang tua), karena sebagian besar waktu anak terletak dalam keluarga. Peran orang tua yang paling mendasar didalam mendidik agama kepada anak-anak mereka adalah sebagai pendidik yang pertama dan utama, karena dari orang tualah anak pertama kali menerima pendidikan, baik itu pendidikan umum maupun agama. Adapun peranan orang tua dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu : 1) Orang tua berfungsi sebagai pendidik keluarga, 2) orang tua berfungsi sebagai pemelihara serta pelindung keluarga.

 

Keywords: Pendidikan, Agama dan Keluarga


DOI:

https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i2.1386


Full Text:

PDF

References


Abdullah Nashih Ulwan, Kaidah-kaidah dasar (Pendidikan anak menurut Islam) (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992).

Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan (Jakarta: Pustaka Al Husna Baru, 2004).

Lestari Ngatini, Pendidikan Islam Kontekstual (Djokjakarta: Pustaka Pelajar, 2010).

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet I (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000).

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 1997).

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004).

Oemar Hamalik, Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu (Jakarta: Bumi Aksara, 2001).

Penjelasan atas Undang-Undang RI nomor 38 tahun 1999.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis( Jakarta: Rineka Cipta, 2006).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam is abstracting & indexing in the following databases:

        

Creative Commons License
Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidian Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2598-0033 (Online) || ISSN: 1979-9950 (Print)

 

View My Stats