Perbandingan Profesionalisme Mahasiswa Pada Setiap Angkatan Mahasiswa Profesi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Abstract
Mahasiswa profesi dokter harus memiliki nilai profesionalisme yang baik pada setiap mahasiswa profesi dokter, perbandingan nilai profesionalisme pada setiap angkatan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti, faktor stres, beban akademik, lingkungan belajar baru, pengalaman pembelajaran. karena lingkungan belajar yang baru menyebabkan terjadinya stres dan beban akademik menjadi lebih tinggi hal ini akan memicu terjadinya penurunan profesionalisme mahasiswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perbandingan profesionalisme pada setiap mahasiswa profesi FK UMSU. Metode. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional pada 74 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara angkatan 2017 dan 2018 yang dipilih berdasarkan Quota Sampling. Daltal dialmbil menggunalkaln kuesioner Professionallism alssessment scalle for medicall daln dialnallisis dengaln uji t tidalk berpalsalngaln. Halsil. Profesionallisme malhalsiswal profesi tertinggi terdalpalt paldal Alngkaltaln 2017 (88,5) daln perempualn (87,6) dengaln perbedalaln alntalr kelompok yalng tidalk signifikaln (p = 0,100 daln p= 0,233). Kesimpulaln. Tidalk terdalpalt perbedalaln yalng signifikaln paldal profesionallisme malhalsiswal Falkultals Kedokteraln alntalral alngkaltaln 2017 daln 2018 sertal jenis kelalmin lalki-lalki daln perempualn.
Kaltal kunci: profesionallisme, malhalsiswal kedokteraln, alngkaltaln belaljalr
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Sultoni S, Gunawan I, Sari DN. Pengaruh Etika Profesional Terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan. 2018;1(3):279–83.
Klemenc-ketis Z, Vrecko H. Development and validation of a professionalism assessment scale for medical students. Int J Med Educ. 2014;5:205-211(November).
Nadeak B. Etika pendidikan kedokteran: Keteladanan dalam profesionalisme. Jurnal Dinamika Pendidikan. 2015;8(2):123–9.
Nurtanto M, Sofyan H. Implementasi Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, Dan Afektif Siswa Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi. 2015;5(3):352.
Amalia A, Sa’adah N. Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia. Jurnal Psikologi. 2020;13(2):214–25.
Ayu A. Martiah L. Sensitivitas Etis dan Pertimbangan Etis Mahasiswa Akuntansi Berdasarkan Pendidikan Etika Akuntansi. Universitas Bengkulu. June 2019 8(2):111-122.
Sopiyudin Dahlan M. Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan: Deskriptif, Bivariat, dan Multivariat, Edisi 6. Jakarta: Epidemiologi indonesia. 2014.
Al-Qahtani MF, Guraya SY. Comparison of the Professionalism Behaviours of Medical Students from Four GCC Universities with Single-gender and Co-educational Learning Climates. Open Nurs J. 2019 Nov 16;13(1):193–200.
Ross PT, Keeley MG, Mangrulkar RS, Karani R, Gliatto P, Santen SA. Developing Professionalism and Professional Identity Through Unproctored, Flexible Testing. In: Academic Medicine. Lippincott Williams and Wilkins; 2019. p. 490–5.
Alexis DA, Kearney MD, Williams JC, Xu C, Higginbotham EJ, Aysola J. Assessment of Perceptions of Professionalism Among Faculty, Trainees, Staff, and Students in a Large University-Based Health System. JAMA Netw Open. 2020 Nov 2;3(11):e2021452.
Tabatabaei ZS, Mirzazadeh A, Amini H, Mafinejad MK. What we think about professional and unprofessional behaviors: differences between the perception of clinical faculty members and medical students. BMC Med Educ. 2022 Dec 1;22(1).
Sarraf-Yazdi S, Teo YN, How AEH, Teo YH, Goh S, Kow CS, et al. A Scoping Review of Professional Identity Formation in Undergraduate Medical Education. J Gen Intern Med. 2021 Nov 1;36(11):3511–21.
Atienza MI. A comparison of four models of professionalism in medical education. Vol. 6, Asia Pacific Scholar. Centre for Medical Education (CenMed) Yong Loo Lin School of Medicine National University of Singapore; 2021. p. 24–31.
DOI: https://doi.org/10.30596/amj.v7i3.14422
DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.30596/amj.v7i3.14422.g12040
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Kedokteran Anatomica/ Anatomica Medical Journal (AMJ)
E-mail: amj_fk@umsu.ac.id || Editorial Contact: 081375150018
This work is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.