Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair And Share Terhadap Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Pada Pembelajaran Ekosistem Siswa Kelas V

Amara Khairin, Karina Wanda

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan mengemukakan pendapat siswa dengan menerapkan model pembelajaran think pair and share pada pembelajaran ekosistem, Untuk mengetahui kemampuan mengemukakan pendapat siswa dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran ekosistem, dan Untuk mengetahui pengaruh kemampuan mengemukakan pendapat siswa dengan menerapkan model pembelajaran think pair and share pada pembelajaran ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101771 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran think pair and share lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan pembelajaran think pair and share yaitu 85,76 dibandingkan 54,48. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa yang menggunakan model pembelajaran think pair and share yaitu 92. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa tanpa menggunakan pembelajaran think pair and share yaitu 60. Dari penelitiantersebut, diperoleh bahwa terdapat perbedaan pada penggunaan strategi pembelajaran think pair and share dan tanpa menggunakan model pembelajaran think pair and share ini dibuktikan oleh hasil Nilai signifikan (2-tailed) 0,000 < ? 0,05. Kemudian thitung 26,732 > ttabel 1,674 Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Adanya pengaruh pembelajaran think pair and share terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran ekosistem kelas V SD Negeri 101771 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan.


Keywords


think pair and share, Model dan Kemampuan

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, Triatno Ibnu Bandar. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Group.

Novianawati, S. (2015). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengemukakan Pendapat Siswa Melalui Metode Time Token pada Pembelajaran PKn pada Siswa Kelas IX F SMP Kristen 1 Surakarta Tahun Pelajaran 201/2016.

Romdiyatun, Siti. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengutarakan Pendapat Kepada Orang Lain Melalui Metode Sosiodrama Pada Anak Kelompok B di TK Aba Manjungan Klaten Tahun 2011/2012 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Yuni, R., Marhadi, H., & Noviana, E. (2013) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sdn 011 Pematang Indah Kecamatan Kelayang (Doctoral dissertation, Riau University).

Fatimah, Anindawati. (2015). Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Melalui Teknik Debat Aktif Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Jatitujuh Kabupaten Majalengka Jawa Barat. E-Journal Bimbingan dan Konseling. Edisi 4 Tahun Ke-5, 34.

Usman, Abdurrahman Hi. (2015). Using the think- pair-share strategy to improve students' speaking ability at Stain Ternate. Journal of Education and Practice, 6(10), 37-45.

Veronika, C., & Ahmad, S. (2020). Think Pair Share sebagai Model untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 4 Nomor 2, 1374-1188.




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v3i3.13408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License