Pengaruh Model Paikem Gemrot Materi Perkalian Terhadap Hasil Belajar Kelas IV SD Muhammadiyah 07 Medan

Nita Fitri Handayani, Melyani Sari Sitepu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot (PAIKEM GEMBROT) di kelas IV SD Muhammadiyah 07 Medan. Dengan pulasi seluruh siswa dikelas IV yang berjumlah 43 siswa. Sampel yang digunakan 20 siswa IV b dan Teknik Random sampling. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Eksperimental tipe One Grup Pre-test Post-test dengan memakai satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa ada kelas control. Instrument yang digunakann berupa tes pilihan berganda sebanyak 10 soal untuk mengetahui hasil belajar siswa dimateri perkalian. Uji persyaratan data menggunakaan uji normalitas dan uji uji Wilcoxon Dari hasil penelitian diperoleh berdasarkan nilai rata-rata pretest siswa 65,00 sedangkan nilai rata -rata post test 88,00 Nah dari uji tes statistics nilai sig 0,000 karena sig 0,000 < dari 0,05 maka hipotesis diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira, dan Berbobot (PAIKEM GEMBROT) materi perkalian terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV SD Muhammadiyah 07 Medan.


Keywords


Model Pembelajaran, PAIKEM, Hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, I. K. (2011). PAIKEM GEMBROT: Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif,Efektif, Menyenangkan, Gembira, dan Berbobot (Sebuah Analisis Teoritis,Konsteptual, dan Praktik). Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Dimyati, dan Mudjiono. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Samatowa. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian. Bandung: Alfabet.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif,kualitatif dan R&D. Bandung: Alfaabeta.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Hidayat, & Siti, K. . (2018). pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurusan Pendidikan Matematika, 15-19.




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v3i3.13439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License