Analisis Kesulitan Pembelajaran IPA Tentang Mahluk Hidup di Kelas V SD Muhammadiyah 32
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan faktor faktor yang menyebabkan kesulitan belajar pada peserta didik di kelas V SD Muhammadiyah 32 Kota Medan tentang kenekaragaman makhluk hidup. Jumlah peserta didik yang ada di kls V tersebut sebanyak 7 orang yang terdiri dari 4 laki laki dan 3 perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data adalah purposive analisis sampling dimana terdiri dari observasi, wawancara, dan kuisioner. Hasil penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 10 indikator dengan simpulan bahwa siswa yang ada di kelas V tersebut merasa kesulitan belajar dikarenakan kurangnya kreatifitas guru dalam mengembangkan daya motorik anak sehingga anak akan cepat mudah bosan dalam mempelajari mahluk hidup. Hal ini juga ada kemungkinan karena adanya faktor eksternal seperti, tidak sarapan pagi dari rumah sehingga membuat anak anak menjadi tidak fokus karena kelaparan, adanya peran orangtua yang tidak mendukung, dan bermain main saat jam pelajaran berlangsung
Keywords
Identifikasi, Kesulitan Belajar Siswa
Full Text:
PDFReferences
Mega Hariani, N. (2019). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangbiakan Mahluk Hidup . Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 11-22.
Suryani, E., Amir, A., Nurfhaturrahmah, Azmin, N., & Hartati. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kota Bima Materi Keanekaragaman Mahluk Hidup Tahun Pembelajaran 2020/2021 . Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 23-27.
DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v4i1.15961
Refbacks
- There are currently no refbacks.
(EJOES) Educational Journal of Elementary School
Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera UtaraKampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License