Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Bertanya Melalui Pembinaan Guru Oleh Kepala Sekolah

Sefniwan Harefa

Abstract


Penelitian tindakan sekolah difokuskan kepada sejumlah guru yang mengajar di SMP Negeri 6 Idanogawo Kabupaten Nias sebagai subjek penelitian berjumlah 9 orang, sebagai perwakilan dari anggota SMP Negeri 6 Idanogawo Kabupaten Nias tersebut. Tujuan penelitian tindakan sekolah ingin meningkatkan kemampuan para guru menggunakan metode tanya jawab dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah. Instrumen penelitian menggunakan observasi, hasil pembinaan bentuk evaluasi tulisan yang dipakai mengukur perubahan kemampuan guru setelah mendapat pembinaan pada siklus I dan II. Setelah dilakukan pembinaan, modeling dari Kepala Sekolah. Simulator sesama guru dapat dilihat kemampuan guru pada siklus I mencapai 76 mendekati rata-rata 80. Untuk perbaikan kemampuan guru pada siklus II dilakukan pembinaan ulang oleh Kepala Sekolah melalui modeling, simulator dan akhir siklus II dilakukan evaluasi tes kemampuan dapat mencapai target keberhasilan 83. Berdasarkan hal ini tindakan pembinaan Kepala Sekolah penguasaan metode tanya jawab pada guru mata pelajaran telah baik


Keywords


Keterampilan Bertanya, Kemampuan Guru

Full Text:

PDF

References


AM. Sardiman, (2000), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : Rajawali Pers.

Hasibuan, J.J., dkk. 1988. Proses Belajar Mengajar (Keterampilan Dasar Pengajaran Mikro). Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 1995. Didaktik azas-azas mengajar. Bandung : Jemmars.

Poewadarminta, W.J.S. 1985. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v3i1.9861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License