Learning Situational Analysis for Mechanical Engineering Students

Dedi Saputra, Lili Perpisa, Elmiati Elmiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan siswa didasarkan pada Learning Situational Analysis pada mata pelajaran bahasa Inggris dalam Jurusan Teknik mesin di SMKN 2 Sawahlunto dengan merujuk kepada konsep dari pengajaran English for Specific Purposes. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana sumber data dalam penelitian ini berupa angket tidak dengan siswa sebagai informan yang belajar bahasa Inggris dalam jurusan teknik mesin pada kelas duabelas. Dalam analisis ini terdapat alasan siswa belajar bahasa inggris di jurusan teknik mesin sebagai indikator. Dari hasil penelitian ini, peneliti menemukan bahwa alasan siswa kelas duabelas jurusan teknik mesin belajar bahasa inggris kerena kebutuhan siswa di jurusan teknik mesin dengan konsep pengajaran English for Specific Purposes. Siswa mendapatkan pembelajaran tentang bahasa Inggris permesinan dengan benar sehingga mereka bisa menerapkan bahasa inggris sesuai dengan dunia permesinan, serta mampu mempersiapkan diri di masa akan datang. Berdasarkan hasil penelitian di atas, peneliti menyimpulkan bahwa kurangnya latihan yang dilakukan siswa membuat siswa sulit menerapkan bahasa Inggris ketika praktek lapangan, pembelajaran dan sulit berkomunikasi dengan bahasa inggris.

Full Text:

PDF

References


Asrifan, A., Vargheese, K. J., T., S., & Amir, M. (2020). Esp Course Design: the Need Analysis on Tourism Department in Indonesia Vocational High Schools. Journal of Advanced English Studies, 3(2), 69. https://doi.org/10.47354/jaes.v3i2.85

Dikilitas, Y. K. and K. (2018). key issues in English for Specific Purposes.

Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. W. (2012). EDUCATIONAL RESEARCH.

Giannarou, E. K. (2021). Learner Needs Analysis in an ESP Class. Open Journal of Modern Linguistics, 11(02), 174–200. https://doi.org/10.4236/ojml.2021.112015

Haseli Songhori, M. (2008). Munby Introduction to Needs Analysis. English for Specific Purposes World, 7(4), 1–25. http://www.esp-world.info/articles_20/DOC/Introduction to Needs Analysis.pdf

Haseli Songhori, M. (2012). Munby Introduction to Needs Analysis. English for Specific Purposes World, 7(4), 1–25.

Hutchinson, T., & Water. (1988). English for specific purposes: A learning-centred approach. In English for Specific Purposes (Vol. 7, Issue 2). https://doi.org/10.1016/0889-4906(88)90032-4

Martina, W., Astuti, P., Anggani, D., & Bharati, L. (2021). Target Situation in Vocational High School Civil Engineering Students ’ Needs Analysis. 11(2), 208–218.

Perpisa, L. (2018). Need Analysis of Tourism Department Students. Journal Polingua: Scientific Journal of Linguistic Literatura and Education, 4(1), 4–9. https://doi.org/10.30630/polingua.v4i1.31

Rahman, M. (2015). English for Specific Purposes (ESP): A Holistic Review. Universal Journal of Educational Research, 3(1), 24–31. https://doi.org/10.13189/ujer.2015.030104

Remache, A., & Ibrahim, M. K. (2018). Business English Syllabus Design: Putting Students Needs First. International Journal of English Language and Literature Studies, 7(4), 81–93. https://doi.org/10.18488/journal.23.2018.74.81.93

Sanmugam, S., Shah, P., & Behrang, P. (2013). Target situation needs analysis: Exploring the linguistic needs of polytechnic engineering students across three majors. English for Specific Purposes World, 14(39), 1–9.

Sari, R. K., Kuncoro, A., & Erlangga, F. (2019). Need Analysis of English for Specific Purposes (ESP) to Informatic Students. Jeell, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.32682/jeel.v4i2.986




DOI: https://doi.org/10.30596/etlij.v4i2.16447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License

ISSN: 2716-0831