Edukasi dan Penyuluhan Kesehatan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat dan Khitanan Massal kepada Masyarakat Sidorame Timur

Melviana Lubis, Hervina -, Ery Suhaymi

Abstract


Abstrak: Obat merupakan salah satu sarana dalam ikhtiar pengobatan. Banyak masyarakat oleh karena berbagai alasan menggunakan dan mencari solusi pengobatan sendiri (swamedikasi). Penatalaksanaan swamedikasi yang tidak rasional dapat menimbulkan hal yang tidak diinginkan seperti salah pengobatan karena diagnosis yang tidak tepat, penggunaan obat yang tidak sesuai indikasi, cara pakai, atau terjadi reaksi obat yang tidak diinginkan. Penyuluhan kesehatan mengenai Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat merupakan upaya bersama dalam rangka mewujudkan pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk Penyuluhan Kesehatan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat dan Khitanan Massal di SD Swasta Muhammadiyah 09 Kelurahan Sidorame Timur, Kecamatan Medan Perjuangan. Dengan adanya PKM ini, maka dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat Kelurahan Sidorame Timur, Kecamatan Medan Perjuangan untuk mendapatkan, menggunakan, menyimpan, dan membuang obat, serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat lingkungan Sidorame Timur khususnya dalam masalah khitan.


Keywords


edukasi penggunaan obat, gerakan masyarakat cerdas obat, swamedikasi

References


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2013.

Nining, Yeni. Edukasi dan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMaCermat). Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement). 2019; 5(1):36-48.

Pratiwi AI, Wiyono WI, Jayanto I. Pengetahuan dan Penggunaan Antibiotik Secara Swamedikasi Pada Masyarakat Kota. Jurnal Biomedik. 2020;12(3):176-185

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pedoman Pelaksanaan Program Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat). Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020.

Simbara A, Primananda AZ, Tetuko A, Savitri CN. Edukasi Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GEMA CERMAT) Untuk Meningkatkan Pengetahuan Swamedikasi. Indonesia Jurnal Farmasi. 2019;4(1):1-5

World Health Organization [WHO]. Manual for Male Circumcision under Local Anaesthesia. ver 3.1. Geneva : Department of Reproductive Health and Research World Health Organization. 2009.

Purnomo B. Dasar-Dasar Urologi. Edisi III. Jakarta: Sagung Seto. 2015.




DOI: https://doi.org/10.30596/jih.v2i2.10865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Fakultas Kedokteran

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Jln.Gedung Arca No. 53 Medan 20217
Telp/HP/Whatsapp: +62 8112570085, +62 857-6248-0974
Website : http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JIH/index
Email : implementahusada@umsu.ac.id