Edukasi Olah Raga di Rumah Saja Sebagai Upaya Memelihara Kebugaran Fisik dan Kesehatan Mental di Masa Pandemi Covid 19 bagi Mahasiswa Fakultas Kedokteran

Gusbakti Rusip, Elman Boy

Abstract


Latar Belakang : Pembelajaran online (PJJ) bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan proses penghentian penyebaran virus melalui interaksi langsung di antara orang banyak. Dampak pembelajaran di rumah saja dapat mengakibatan gangguan kebugaran fisik dan Kesehatan mental berupa stress, pada awalnya cemas, susah belajar, tidak percaya diri, nafsu makan menurun dan kebosanan. Regulasi aktivitas fisik adalah nonfarmakologi efektif. Salah satu jenis adalah olahraga aerobik dengan intensitas moderat dan memberi efek fisiologis memperbaiki kebugaran fisik dan Kesehatan mental dengan meningkatkan neuro-kimia di otak. Tujuan kegaitan ini memberi ceramah pada mahasiswa berolahraga dapat meningkatkan kebugaran fisik maupun Kesehatan mentalnya. Metode: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu mahasiswa di laksanakan dengan memberi ceramah cara on line menggunakan aplikasi Zoom in peserta yang hadir mahasiswa Fakultas Kedokteran dalam wadah ISMKI wilayah I Sumatera dan mahasiswa-mahasiswi Fakultas Kedokteran UMSU. Hasil: Kegiatan pengabdian ini menunjukkan perubahan perilaku yang lebih baik. selama masa pandemi, dilaksanakan 2 kali pertemuan dalam waktu berbeda dihadiri 260 mahasiswa. Kegiatan diharapkan memberi dampak positif bagi mahasiswa selama menjalani pembelajaran e-daring di rumah saja, dengan melakukan aktivitas fisik intensitas moderat berefek psikologis (cemas dan bosan) yang lebih baik, pada saat olahraga berpotensi pengeluaran neuron-kimia otak (endorfin, serotonin dan melantoin) .zat-zat neuron-kimia memberi perasaan senang dan psikologikal well-being baik dan akhir kecemasan mahasiswa hilang serta percaya diri timbul, sehingga mudah menerima pembelajaran (PJJ) selama pandemic covid-19. Kesimpulan: regulasi aktivitas fisik terprogam, terstruktur memberikan efek peningkatan produksi neuron- kimia yang keluar dari otak, memberikan perasaan senang sesudah aktivitas fisik, mengurangai rasa sakit dan stress, dapat dikatakan psikologikal well-being yang baik

Keywords


Edukasi aktivitas fisik, kebugaran, Kesehatan mental, mahasiswa program PJJ

References


Mansuri, FMA., 2020. Situation analysis and an insight into assessment of pandemic covid-19. 15(2), 8586. Journal of Taibah University Medical Sciences. https://doi.org/10.1016/ j.jtumed.2020.04.001

Data covid-19 di Indonesia. Kemenkes, tanggal 24 juli 2020

Fichna J, Janecka A, Costentin J, Do Rego JC.,2007. The endomorphin system and its evolving neurophysiological role. Pharmacol Rev 59(1):88123

Voitsidis P. et all., 2020. Insomnia during the COVID-19 Pandemic in a Greek Population. Aristotle University of Thessalonik: Elsevier. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.113076

Larun L, Nordheim LV, Ekeland E, Hagen KB, Heian F., 2006. Exercise in prevention and treatment of anxiety and depression among children and young people. Cochrane Database Syst Rev 3:CD004691

Peluso MA, Andrade LH., 2005. Physical activity and mental health: the association between exercise and mood. Clinics. 60:6170. doi:10.1590/s1807-59322005000100012 [PubMed] [Google Scholar]

Widiantini EJL, Sugiharto & Andiana, Olivia., 2019. Pengaruh Olahraga Selama Puasa Terhadap Hormon Melatonin Pada Tikus Putih Jantan Jenis Wistar.Vol 9.No 1. Universitas Negeri Malang: Jurnal Sport Science. ISSN :2620-4681

Callaghan P., 2004. Exercise: a neglected intervention in mental health care? J Psychiatr Ment Health Nurs. 11:476483. [PubMed] [Google Scholar]

Guszkowska M., 2004. Effects of exercise on anxiety, depression and mood [in polish] Psychiatr Pol. 38:611620. [PubMed] [Google Scholar]

du Plessis M., 2019. Coping with occupational stress in an open distance learning university in South Africa. Journal of Psychology in Africa, 29(6): 570575. https://doi.org/10.1080/ 14330237.2019.1689466

Folkman S, and Lazarus RS., 1988. Coping as a mediator of emotion. Journal of Personality and Social Psychology. 54(3): 466475. https://doi.org/10.1037/0022-3514.54.3.466

Barseli M, Ahmad R, & Ifdil I., 2018. Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar. Jurnal EDUCATIO: Pendidikan Indonesia. 4(1): 40. https://doi.org/10.29210/120182136 Jurnal

Milani RV, Lavie CJ., 2009. Reducing psychosocial stress: a novel mechanism of improving survival from exercise training. Am J Med. 122:931- 8.

Kenneth R Fox.. 1999. The influence of physical activity on mental well-being, pp. 411-418, DOI: https://doi.org/10.1017/S1368980099000567

VJ.Harber, JR.Sutton. (1984). Endorphins and exercise. Sports Med, 1(2):154-71. PMID: 6091217, DOI: 10.2165/00007256-198401020-00004.

PC. Dinas,Y.Koutedakis, AD. Flouris. (2011). Effects of exercise and physical activity on depression. 180 : 139-35 DOI 10.1007/s1145-010-0633-9




DOI: https://doi.org/10.30596/jih.v1i2.5035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Fakultas Kedokteran

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Jln.Gedung Arca No. 53 Medan 20217
Telp/HP/Whatsapp: +62 8112570085, +62 857-6248-0974
Website : http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JIH/index
Email : implementahusada@umsu.ac.id