Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi

Natalina Panggabean, Akrim Akrim, Irvan Irvan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana variabel variabel yang tengah dikaji, yaitu Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi. Penelitian ini dilakukan pada SMP Negeri Se-Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi, dengan periode penelitian yaitu sejak Agustus 2021 Januari 2022. Populasi penelitian yaitu seluruh tenaga pendidik yang berstatus PNS dan honorer di SMP Negeri Se-Kecamatan Sidikalang yang berjumlah 53 orang di SMP Negeri 1 Sidikalang, SMP Negeri 2 Sidikalang berjumlah 53 orang dan SMP Negeri 3 Sidikalang 55 orang. Sehingga total populasi penelitian 161 orang. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 62 orang yang berstatus PNS. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dan informasi tentang obyek yang akan diteliti yaitu angket dengan pendekatan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas data, reliabilitas, asumsi klasik, hipotesis dan determinasi. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja propesional guru dengan nilai t hitung : 3.174. Ada pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja propesional guru dengan t hitung : 2.945. Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja propesional guru dengan t hitung : 3.451. Dan ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kepuasan kerja dan kecerdasan emosional terhadap kinerja propesional guru sebesar 34,2 %.

ABSTRACT

This study aims to find out how the variables being studied are Principal Leadership, Job Satisfaction and Emotional Intelligence on Teacher Performance at State Junior High Schools in Sidikalang District, Dairi Regency. This research was conducted at State Junior High Schools in Sidikalang District, Dairi Regency, with the research period from August 2021 - January 2022. The research population is all educators who are civil servants and honorary employees at State Junior High Schools throughout the Sidikalang District, totaling 53 people in SMP Negeri 1 Sidikalang, SMP Negeri 2 Sidikalang totaling 53 people and SMP Negeri 3 Sidikalang 55 people. So the total population of the study was 161 people. While the research sample amounted to 62 people with the status of civil servants. The instrument used to obtain data and information about the object to be studied is a questionnaire with a Likert scale approach. Data analysis techniques used are data validity, reliability, classical assumptions, hypotheses and determinations. The results of the analysis of research data indicate that there is an influence of the principal's leadership on the professional performance of teachers with a t value of 3.174. There is an effect of job satisfaction on the professional performance of teachers with t count: 2,945. There is an influence of emotional intelligence on the professional performance of teachers with t count: 3.451. And there is the influence of the principal's leadership, job satisfaction and emotional intelligence on the professional performance of teachers by 34.2%



Keywords


Principal leadership, Job satisfaction, Emotional intelligence, Teacher professional, Performance

Full Text:

PDF

References


Alex Sobur. (2003). Manajemen Penjaminan Muti Pendidikan di Indonesia : Suatu Analisis Kebijakan, (Jakarta; Bumi Aksara)

Amini, Mega Pati Aritonang, Indra Prasetia, (2022) Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 13 Binjai

Amstrong, Helen Spencer. (1993). Competence at Work Models Supervisor Performance. New York: John Willey & Sons Inc.

Andreas Harefa , (2004), Manajemen Pendidikan Teori, Praktik, dan Riset (Jakarta:Bumi Aksara, 1995),

Akrim, Sulasmi E, Gunawan, (2020), Konsep Pendidikan Humanis Dalam Pengelolaan Pendidikan Di Indonesia.

Annisa, D. S., Fadilla, J. H., Ikram, M., & Hardianto, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Semangat Belajar Siswa di SD Swasta Muhammadiyah 38 Sunggal. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 1(4), 2630.

Batubara, I. H., Sari, I. P., Andini, P., Jannah, M., Saragih, S., Sinaga, B.,Lubis, B. S. (2022). Bibliometric Mapping on the Research Merdeka Belajar Using VosViewer. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 477486. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.202207

Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Kata Kunci: Kretivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Biblio Counts, 1(2), 4353. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i2.2077

Frank Endang Sari, Indra Prasetia, Elfrianto, (2021), Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam meningkatkan Kinerja Guru ( Studi Di SMA Negeri 2 Pematangsiantar )

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta : Rineka Cipta.

Amini, Khairunnisa Damanik, Syaiful Bahri, (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA Negeri 5 Pematangsiantar

Chang (2002). Organizational Behavior. New York: McGraw Hill,

Christiati, W, 2003, Kreativitas: Membangun dan Mengembangkannya Pendidikan yang berkualitas,.Yogyakarta: Kanisius,2003.

Cooper, 1995. Advanced Leadership Learners Dictionary, Fisth Edition. New York. Oxford University Press,

Dini Yunita .(2008), Konsep Kepemimpinan dalam Perubahan Organisasi (Organizational Change) Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol.4, No.1, Juni 2008.

Dongoran, A. T., & Batubara, I. H. (2021). Pengaruh Iklim Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Smk Di Kota Bandung. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 2(1), 116. https://doi.org/10.17509/jap.v13i1.6681

George Terry (2009). Organization Behavior: Improving Performance and Commitment in the Workplace. New York: The McGraw-Hill Com., Inc.,

Gerald Grenberg., Baron, R. H.,. (1997). Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat,

Goleman (1995). Organizational Behavior: A Management Challenge. New Jersey: Laurence Erlbaum Associates, Inc., Publishers,

Hamzah B. Uno. (2001), Kepemimpinan dalam Perubahan Organisasi (Organizational Change). Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol.4, No.1, Juni 2001. UNJ- Jakarta.

Handoko.(2001).Hubungan Kepemimpinan Transformasional dan Karakteristik Personal Pendidikan. Jurnal Kinerja 5, (1).http://id.shvoong.com/social-sciences/1776213-hubungan- kepemimpinan -transformasiona/. Di akses 15 Maret 2020.

Indra Prasetia. (2020). Manajemen Pengembangan Kurikulum (Studi Di Lab Site Balai Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Sumatera Utara) Indra. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi, 1(1), 1825.

Irianto, (2001), Membuka Jendela Pendidikan, Mengurai Akar Tradisi Integrasi Keilmuan, Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada,

James W. Walker (1992). Human Resources Strategy. Singapore: McGraw- Hill, Inc,

Luthans, Fred , (2016). Perilaku Organisasi.jilid 10, Jogyakarta.,

Sedarmayanti. (2004). Good Governance (Kepemimpinan yang Baik) Bagian Kedua. Bandung: Mandar Maju,

Simamora, H, (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ke-3. Yogyakarta: Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN

Soetjipto, B. W. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia (Artikel-Artikel Pilihan). Yogyakarta : Penerbit Amara Books

Mulyasa, E . (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ramadhani, K., & Azis, Z. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Team Assisted (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMK PAB 2 HELVETIA Medan T.P 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma (JMES), 1(1), 3440.

Rambe, T. M., Ananda, F., & Batubara, I. H. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMRI) Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 3(1), 3443. https://doi.org/10.30596/jmes.v3i1.9468

Spencer, M. Kyle dan Spencer. (2004). Competence at Work Models Supervisor Performance. New York: John Willey & Sons Inc.

Stephen P. Robbins (1996). Organizational Behavior: Concept, Controvercies, Aplications.New Jersey: Prentice Hall International, Inc.,

Sulhati, S. (2020). Penataan Manajemen Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 1(3), 1522. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/5692

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta

Sujana ( 2002) : Methodologi Reseach. Jilid III,Cetakan XI. Penerbit Universitas Gajah Mada, Yogyakarta

Syaiful Bahri Jamarah., 2002. Psikologi Pendidikan dan Organisasi. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia,

Usman, H, 2004. Pengembangan Sumber Daya Manusia: Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan (Pendekatan Terpadu). Jakarta: Bumi Aksara,

Van Roy, Kenneth H. Selvarajan, dan Dewey E. Johnson (1996). Management of Organizational Behavior: Utilizing Human Resourses. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Veithzal, Rivai, Basri, A. F. M., 2005. Performance Appraisal. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Wahyuni, S., & Batubara, I. H. (2021). Efektivitas Penerapan Literasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 2(2), 14.

Weisinger (2005). Competence at Work Models SupervisorPerformance. New York: John Willey & Sons Inc.

Wernerd and Ward (1995). Handbook of Leadership a Survey of Theory and Research. London : Collier Macmillan Publisher

Wethers and davis (1996). Educational Administration. New York: McGraw- Hill, Inc., Stephen P. Robbins (2006). Perilaku Organisasi. Terj. Benyamin Molan. Jakarta

Wexley and yull. (1997). The grand Leadership--translating abstract purpose into concrete objectives. Journal of Physical Education




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v3i2.10045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.