Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Learning Terhadap Kualitas Pembelajaran

Indra Maryanti, Nur Sakinah, Harningsih Fitri Situmorang

Abstract


Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Generative Learning terhadap kualitas pembelajaran matematika. Sebagai tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Generative Learning berpengaruh terhadap kwalitas pembelajaran matematika siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah berupa tes yang berbentuk esay dengan jumlah 5 butir soal. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa t hitung = 3,205 dan t tabel = 1,671, untuk taraf signifikan = 0,05. Hal ini, menunjukkan bahwa thitung < t tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Generative Learning berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran Siswa

ABSTRACT

The purpose of this study is to find out whether there is an influence of the Generative Learning learning model on the quality of mathematics learning. As the purpose of this study is to find out whether the Generative Learning learning model affects the quality of students' mathematics learning. The research instrument used is in the form of an essay test with a total of 5 question items. The results showed that t count = 3.205 and t table = 1.671, to a significant degree = 0.05. This, shows that thicount < t table then H0 is rejected and Ha is accepted. From the results of data analysis, it can be concluded that the Generative Learning learning model affects the quality of student learning.


Keywords


Model Pembelajaran Generative, Hasil Belajar, Kualitas Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Batubara, I. H., Nasution, I. S., & Afifah, N. (2020). Peningkatan Kualitas Pengajaran Melalui Software Cabri 3D Pendahuluan. PROKMAS: Jurnal Hasil Pengabidian Kepada Masyarakat, 4(2), 16. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas/article/view/6311

Batubara, I. H., Sari, I. P., Hariani, P. P., Novita, A., Lubis, B. S., Febri, E., Siregar, S., Keguruan, F., Universitas, P., Sumatera, M., Ilmu, F., Informasi, T., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2021). PELATIHAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP FREE METHODIST 2 Software Geogebra tersebut akan menjadikan pembelajaran matematika Media ICT yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Software Geogebra yakni software m. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 854859.

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto, 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulasmi, E. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Ditinjau Dari Aspek Manajemen Minat Belajar Siswa PENDAHULUAN Pendidikan merupakan aspek yang memegang peran penting dalam kemajuan setiap bangsa , sudah seharusnya jika dunia pendidikan perlu dice. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi (JMP-DMT), 1(1), 1017. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/3920

Suyono dan Harianto. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, S., & Batubara, I. H. (2021). Efektivitas Penerapan Literasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 2(2), 14.

Wena, Made. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kontemporer. Jakarta: PT BumiAksara




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v3i3.11412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.