Model Pembelajaran Yang Efektif Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi)

Marlina Lestari Sinaga

Abstract


Pandemi Covid-19 dapat dikatakan bagian dari bencana dalam kehidupan manusia yang datang tanpa diduga dan menimbulkan dampak buruk bagi manusia yang menjadi korban. Sehingga setiap Institusi Pendidikan juga dituntut untuk memberikan inovasi terbaru untuk membentuk proses pembelajaran yang sangat efektif ini. Proses belajar mengajar sebenarnya merupakan kombinasi dari dua kegiatan yaitu kegiatan mengajar dan kegiatan belajar. Kegiatan belajar adalah sebuah proses berinteraksi dengan semua situasi di sekitar individu, lalu mengajar adalah kegiatan untuk mengatur (mengatur) lingkungan belajar dengan sebaik-baiknya dan menghubungkannya dengan siswa sehingga terjadi proses belajar. belajar. Oleh karena itu, proses belajar mengajar di sekolah harus merupakan kegiatan yang menyenangkan, menantang dan bermakna bagi siswa. Dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi dan angket. Serta tekhnik analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi, penyajian data dan kesimpulan deskripsi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan Pandemi covid-19 berdampak ke semua aspek kehidupan termasuk aspek pendidikan. Kebijakan pemerintah dalam rangka menurunkan angka penyebaran covid-19 melalui upaya pembatasan dalam interaksi dan kerumunan sangat berdampak terhadap proses pembelajaran. Pendidikan merupakan hak anak dan dalam kondisi pandemi, tetap harus dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru dan siswa menggunakan Aplikasi Google Classroom. Meskipun pembelajaran dilakukan secara daring guru tetap melakukan perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP daring, mempersiapkan bahan ajar berupa media pembelajaran dan mempersiapkan bahan ajar sebelum proses pembelajaran berlangsung. Selain untuk menyampaikan materi pembelajaran, Google Classroom juga digunakan untuk berkomunikasi dengan siswa dan berbagi informasi yang berkaitan dengan pembelajaran.Adapun pelaksanaan pembelajaran blended learning di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi sudah terlaksana dengan cukup baik. Model pembelajaran yang implementasinya efektif selama pandemi covid 19 di SMK Negeri 3 jika dilihat dari hasil nilai rata-rata pengujian model blended learning penggunaan dari sekitar 52,60 dengan nilai paling tinggi adalah 80 dan nilai paling rendah 18. Sementara hasil penelitian model daring adalah 49, 20 dimana nilai terendah adalah 30 dan tertinggi adalah 80. Dengan ini penggunaan uji t menggunakan Equal Variances Assumed. Setelah diketahui bahwa varian kedua data sama, kemudian dilakukan uji t. Nilai hitung t Equal Variances Assumed pada tabel di atas sebesar 0,302 sedangkan nilai tabel t sebesar 1,68. Nilai hitung t > tabel t (1,74>1,68) dan signifikansi (0,00< 0,05) maka Ho ditolak. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran yang implementasinya efektif dimasa pandemi covid 19 di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi adalah model blended learning

ABSTRACT

The Covid-19 pandemic can be said to be part of a disaster in human life that comes unexpectedly and has a bad impact on humans who are victims. So that every educational institution is also required to provide the latest innovations to form this very effective learning process. The teaching and learning process is actually a combination of two activities, namely teaching activities and learning activities. Learning activities are a process of interacting with all situations around individuals, then teaching is an activity to organize (regulate) the learning environment as well as possible and connect it with students so that the learning process occurs. study. Therefore, the teaching and learning process in schools must be a fun, challenging and meaningful activity for students. In this study using qualitative data collection techniques with observations, interviews and documentation and questionnaires. And the analysis technique used is data collection, condensation, data presentation and research description conclusions. The results of the study show that the Covid-19 pandemic has an impact on all aspects of life, including aspects of education. The government's policy in order to reduce the spread of COVID-19 through efforts to limit interactions and crowds greatly impacts the learning process. Education is a child's right and in a pandemic, it must still be carried out in accordance with health protocols to prevent the spread of COVID-19. In the implementation of online learning, teachers and students use the Google Classroom Application. Although learning is done online, the teacher continues to plan learning by making online lesson plans, preparing teaching materials in the form of learning media and preparing teaching materials before the learning process takes place. In addition to delivering learning materials, Google Classroom is also used to communicate with students and share information related to learning. The implementation of blended learning at SMK Negeri 3 Tebing Tinggi has been implemented quite well. A learning model whose implementation was effective during the covid 19 pandemic at SMK Negeri 3 when viewed from the results of the average test value of the blended learning model in use of about 52.60 with the highest score being 80 and the lowest score being 18. While the results of the online model research were 49 , 20 where the lowest value is 30 and the highest is 80. With this, the t test uses Equal Variances Assumed. After knowing that the variance of the two data is the same, then a t-test is performed. The calculated t value of Equal Variances Assumed in the table above is 0.302 while the t table value is 1.68. The calculated value of t > t table (1.74>1.68) and the significance (0.00<0.05) then Ho is rejected. Based on the results of these tests, it can be concluded that "The learning model whose implementation is effective during the COVID-19 pandemic at SMK Negeri 3 Tebing Tinggi is a blended learning model.


Keywords


Model Pembelajaran, Pembelajaran Efektif, Pandemi Covid 19

Full Text:

PDF

References


Batubara, I. H. (2019). Improving Students Critical Thinking Ability Through Guided Discovery Learning Methods Assisted by Geogebra. The 4th Progressive and Fun Education International Conference, 4(2), 8083. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i2.1371

Creswell, J.W. 2003. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (2th ed.). Thousand Oaks, California: SAGE Publications, Inc

Dongoran, A. T., & Batubara, I. H. (2021). Pengaruh Iklim Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 2(1), Hal. 1-16. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/1-16

Indah, T. A., & Sulhati, S. (2021). Manajemen Perpustakaan Sekolah Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi di SMP Taman Asuhan Kota Pematang Siantar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar , 1(2), 1015. http://journal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/10-15

Magdalena, I, & Nadya, R. 2020. Pengelolaan Pembelajaran di Masa Pademi Covid-19 dengan Blended Learning , Jurnal Edukasi dan Sains

Ni Made Galih Arya Pramest. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Tkj . vol Jurnal IT-Edu Volume 01 Nomor 02 file:///C:/Users/hp/Downloads/17988-Article%20Text-22035-1-10-20170102.pdf diakses pada tanggal 26 Maret 2022

Novita Sari Tanuwijaya, Witarsa Tambunanan (2021) Alternatif Solusi Model Pembelajaran Untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemic Covid 19 (Studi Kasus Analisis Kebijakan Pendidikan) Jurnal ManajemenPendidikan.Vol.10No.02.http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/3272/2008. diakses pada tanggal 23 september 2022

Prasetia, I. 2022. Metodologi Penelitian : Pendekatan Teori dan Praktik. UMSU Press, Medan

Reviza, L. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Dan Budaya Akademik Terhadap Kinerja Dosen Serta Dampaknya Pada Efektivitas Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 2(2), 1426.

Saptono, A 2017. Pengaruh Kreativitas Guru dalam Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional Siswa terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X di SMS Negeri 89 Jakarta, Econosains Jurnal Online

Sjukur, SB, 2013. Pengaruh Blended Learning terhadap motivasi belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK, Kalimantan Selatan, SMK Negeri 1 Satui Kab. Tanah Bumbu

Sugihartono, dkk. 2010. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press

Sulasmi, E., Sibuea, M.B, Eriska. 2020. Kumpulan Buku Dosen. E AirLangga . file:///C:/Users/hp/Downloads/591-Article%20Text-1601-1-10-20201206.pdf diakses pada tanggal 14 oktober 2022

Wahyuni, S., & Batubara, I. H. (2021). Efektivitas Penerapan Literasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 2(2), 14.

Zulfikar (2020) Efektifitas Penggunaan Media Zoom Terhadap Pembelajaran PadaMasa pandemi covid -19. urnal Ilmiah Pranata Edu Volume 2 No.1https://uit.e-journal.id/JPE/article/view/931/725 diakses pada tanggal 23 september 2022




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v3i4.12056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.