Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Tata Usaha di Sekolah

Auliya Fajriah

Abstract


Sebab kepala sekolah mempunyai keahlian untuk mempengaruhi kenaikan kinerja pegawai tata usaha di sekolah, hingga kedudukan kepala sekolah selaku pemimpin di sekolah tidak lepas dari keberhasilan pegawai tata usaha. Pegawai tata usaha sekolah yaitu petugas yang bertugas mengelola seluruh aspek administrasi sekolah. Seluruh pihak seperti kepala sekolah, guru, serta siswa, hendak merasa mudah guna mengelola seluruh urusan sekolah terikat administrasi melalui pegawai tata usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran kepala sekolah terhadap pegawai tata usaha sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur, yang membutuhkan serangkaian riset yang mengaitkan bermacam tipe informasi yang dikumpulkan dari bermacam buku ataupun artikel. Hasil penelitian dari bermacam sumber penyusunan menampilkan jika peran kepala sekolah terhadap pegawai tata usaha yaitu : (1) Administrator; (2) Edukator; (3) Supervisor; (4) Inovator; (5) Motivator. Oleh karena itu, kepala sekolah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai tata usaha sekolah.

Kata kunci: Kepala sekolah, Kinerja, Pegawai tata usaha


Full Text:

PDF

References


Andrianto, A. Upaya Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan Pegawai Tata Usaha di SMA Negeri 1 Pseksu Kabupaten Lahat. Al-fahim, 1(2), 18-35.

Sahputra, H. (2020, May). Peran Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Staff Tata Usaha Di Sekolah Dasar. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

Lazwardi, D. (2016). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2).

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31-42.

Najewan, N., Asrul, A., Safitri, A., & Bakar, A. (2020). Kepala Sekolah dan Kinerja Pegawai Tata Usaha. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 1(1), 8-18.

Prambudi, R. (2019). Peran Kepala Sekolah Sebagai Edukator Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Peserta Didik Di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v4i1.12895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.