Kinerja Guru Bersertifikasi Propesi dan Dampaknya Pada Mutu Sekolah (Analisis di SMP Negeri 1 Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara)

Ali Sadikin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kinerja guru bersertifikasi profesi di SMP Negeri 1 Padang Bolak Kabupaten  Padang Lawas Utara berdasarkan 4 kompetensi guru, 2) Tugas dan tanggung jawab Guru di SMP Negeri 1 Padang Bolak Kabupaten  Padang Lawas Utara dalam merancang perencanaan, pelaksanaan, pengevaluasian pembelajaran dengan baik, dan 3) Dampak yang dihasilkan dalam peningkatan mutu sekolah oleh guru bersertifikasi profesi di SMP Negeri 1 Padang Bolak Kabupaten  Padang Lawas Utara. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data penelitian yaitu observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kinerja dari 4 kompetensi guru ialah baik dalam kompetensi pedagogik, guru menguasai karakteristik siswa, menguasai teori belajar, prinsip‐prinsip pembelajaran yang mendidik, mengembangkan kurikulum, potensi peserta didik dan mengembangkan instrument penilaian. Kompetensi kepribadian, guru bertanggung jawab, disiplin, tidak suka marah, dan datang tepat waktu. Kompetensi sosial, guru bersikap inklusif, bertindak objektif, tidak diskriminatif dan bersahabat. Kompetensi professional, guru baik dalam menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan, 2) Tugas dan tanggung jawab Guru di SMP Negeri 1 Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara dalam merancang perencanaan, pelaksanaan, pengevaluasian pembelajaran ialah tugas guru yang dijalankan dengan sudah dilaksanakan dengan  baik dan difokuskan dengan penekanan yaitu pelaksanaan, perencanaan, dan tindak lanjut pembelajaran telah membawa hasil positif, seperti siswa mengikuti kegiatan olimpiade, dan 3) Dampak yang dihasilkan dalam peningkatan mutu sekolah oleh guru bersertifikasi profesi di SMP Negeri 1 Padang Bolak Kabupaten  Padang Lawas Utara ialah siswa yang berprestasi, kesejahteraan dan eksistensi guru dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran dan pengajaran berkualitas.


Keywords


kinerja guru, sertifikasi profesi, mutu sekolah

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Adiansha, A. A., Sumantri, M. S., & Makmuri, M. (2018). Pengaruh model brain based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kreativitas. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 127

Dacholfany, M. I., Risnawati, R., Afroka, M., Zulfikhar, R., Souisa, L., & Nasarudin. (2023). Peran sertifikasi guru terhadap peningkatan mutu pembelajaran dan pengelolaan kelas (Kajian studi literature riview). Journal on Education, 6(1), 4340–4348.

Febriyanti, A. (2020). Disiplin kerja guru yang telah disertifikasi dalam melaksanakan tugasnya di sekolah menengah atas negeri kecamatan pauh padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 10–16.

Hatta, M. (2018). Empat Kompetensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru.

Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru : Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 123–132.

Hotmatua, L., Sulasmi, E., & Prasetia, I. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah , Profesional Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kreativitas Guru Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMP-DMT), 4(2), 119–128.

Kardani, G. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(2), E-ISSN: 2089 – 5364. P – ISSN : 2622 – 8327.

Latiana, L. (2019). Peran Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik. Edukasi, 1(3), 1–16

Nuddin, N. (2021). Analisis Program Sertifikasi Guru Pada Sma Negeri 1 Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. Al Qisthi Jurnal Sosial Dan Politik, VIII, 101–120.

Prasetia, I. (2021). Metodologi Penelitian. UMSU Press, Medan.

Prasetia, I. (2023). Adminsitrasi Pendidikan : Teori, Riset dan Praktik. UMSU Press.

Prasetia, I. (2023). Academic Supervision and Professional Performace of State High School Teachers. Education Quarterly Reviews, 6(3), 75-83.

Republik Indonesia, P. (2005). UU 14-2005 Guru dan Dosen.

Rohemi. (2013). Menentukan Kelayakan Guru Dalam Melaksanakan Tugas Sebagai Agen Pembelajaran Dan Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional,. 447–451.

Ummah, N. K. K., & Fauziah, H. N. (2021). Penerapan Kompetensi Profesional Guru (Keterampilan Dasar Mengajar) pada Pembelajaran Tematik Kelas III di MI Al-Azhar Madiun. Adaptivia, 295–308.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v5i3.20107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.