Efektivitas Pengawasan Akademik di SMP Negeri 2 Kutalimbaru Deli Serdang

Iin Pratiwi Tarigan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengawasan akademik. Fokus penelitian mencakup efektivitas pengawasan terkait standar proses, kompetensi lulusan, tenaga pendidik, sarana-prasarana, dan standar pengelolaan di SMP N 2 Kutalimbaru. Subjek penelitian ini adalah Peneliti langsung sebagai pelaksana pendidikan dilingkungan sekolah, sedangkan objek penelitian ini adalah semua yang bergerak dalam fenomena pengawasan yaitu Pengawas, kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian dalam efektivitas pengawasan terkait standar proses SMP N 2 Kutalimbaru, Efektifitas pengawasan terkait kompetensi kelulusan sudah sesuai dengan ketentuan pusat dan dilihat dari sikap, watak, dan ketaqwaan. Efektivitas tenaga pendidikan dan kependidikan kurang efektif, karena masuknya penjaga sekolah menjadi bagian tata usaha yang seharusnya di kelola oleh tenaga khusus bidang tata usaha. Efektivitas pengawasan terkait standar proses dinilai baik dan sudah berdasarkan pada Perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian dan pengawasan proses pembelajaran. Pengawasan proses pendidikan efektif, karena terlaksana sesuai seperti kelengkapan RPP, Silabus, Media Pembelajaran, dan lainya. Efektifitas Pengawasan terkait Standar pengelolaan SMP N 2 Kutalimbaru dinilai cukup baik dan dijalankan dengan mengikuti peraturan dinas pendidikan, akan tetapi terdapat keterbatasan pengaplikasian kurikulum baik dari segi pemenuhan unsur pendukung dan kemampuan siswa dalam menerima pembelajaran.


Keywords


Efektivitas Pengawasan, Kualitas Pendidikan, Sarana Prasarana

Full Text:

PDF

References


Ali Sudin. (2008). Implementasi Supervisi Akademik Terhadap Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar se-Kabupaten Sumedang. Tesis. Bandung: UPI

Arifiatun. (2009). Kontribusi Supervisi Pengawas Sekolah, Kinerja Profesional Kepala Sekolah dan Pengembangan Profesi Guru terhadap Kinerja Profesional Guru di SMA Negeri Kabupaten Jember. Tesis. Malang: Universitas Negeri Malang.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Dewi, Selfi Kusuma. (2015). Pengawasan Akademik Oleh Pengawas Sekolah Dasar Se-Kabupaten Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Husein

Fayol, Harahap (2001). Sistem Pengawasan. Jakarta:

Gunarto. 2022. Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Kinerja Guru Sd Negeri Turirejo 03 Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. JPTWH 1(2):496-518.

Hartono M, Sapoetra J. 2018. Efektivitas Pengawasan Model Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013. JPD :125-133.

Jasmani Asf dan Syaiful Mustofa. (2013). Supervisi Pendidikan: Terobosan baru dalam peningkatan kinerja pengawas sekolah dan guru. Yogyakarta: ArRuzz Media Karya

Arikunto, S, (2003). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, edisi revisi. Bumi Aksara. Yogyakarta

Kaslam, Suriani S, Setiawan L. 2022. Implementasi Standar Pelayanan Minimal Guna Meningkatkan Efektivitas Kualitas Pendidikan Pada SMP Negeri Di Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur. BJE 2(2):156-163.

Martono. (2013). Pengaruh Pengalaman Mengajar, Pelatihan Guru, dan Pembinaan Akademis Pengawas TK/SD Terhadap Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Tesis. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Mustadi A. Ambarwati U, Murti RC, Supartinah. (2015). Evaluasi Penerapan Program Manajemen Berbasis Sekolah Pada Sekolah Dasar Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. J PIP 8(1):16-24

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2013 Tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar. 75

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 menjelaskan Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.

Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan PP No. 19 Tahun 2003 tentang Standar Nasional Pendidikan

Rahman A. (2021). Supervisi Dan Pengawasan Dalam Pendidikan. J Pilar 12(2):50-65.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Rineka Cipta.

Rusdi L. (2010). Peran pengawasn madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 5 Cilincing Jakarta Utara. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Safitri A, Mujiati. (2019). Efektifitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah. J PIP 19(1):1-12.

Sagala, Syaiful., (2011), Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Sallis. (2010). Total quality Management in Education. Jogyakarta : RciSoD

Saryati, Sakban A. (2020). Fungsi Controlling dan Evaluasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMPN 1 Lembar Lombok Barat. J PPPK 8(2).

Sudirman, Waluyo U, Mustari M. 2023. Pelaksanaan Pengawasan Akademik di Kabupaten Lombok Barat. J IPP 8(4):2579-2586.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Suhardan, Dadang. (2006). Supervisi bantuan Profesional. Bandung : Mutiara Ilmu

Syafaruddin, Asrul. (2014). Manajemen Kepengawasan Pendidikan. Medan: Citapustaka Media.

Uang OL, Rengkung MM, Sembel A. (2017). Evaluasi Ketersediaan Fasilitas Pendidikan Sltp Di Kecamatan Mapanget.Manado : Universitas Sam Ratulangi.

Umar. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) Bab II Pasal 3

Yusran, Hasibuan E. Marsidin S. Rifma. (2022). Teori Pengawasan Pendidikan. J RES 3(2):72-79.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v5i3.20110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.