Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPS Ma’arif NU 2 Blu’uran Karang Penang Sampang

Khotibul Umam, Ahmad Suwardi

Abstract


Tulisan ini meneliti tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPS Ma'arif NU 2 Blu'uran Karang Penang Sampang, dan kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPS Ma'arif NU 2 Blu'uran karang Penang Sampang. Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah kualitatif yang merupakan suatu metode penelitian naturalistik karena psenelitianya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural settlng). Objek yang alamiah adalah obyek yang berkembang apa adanya, tidak dimanipulasi oleh peneliti dan kehadiran peneliti tidak m empengaruhi dinamika pada objek tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah sangat berperan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah. Kepala kebijakan-kebijakan antara lain dengan meningkatkan kualitas pendidik dan meningkatkan kualitas intelektual, emosional, dan spiritual siswa sehingga bisa memahami dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam peningkatan minat belajar siswa di SMPS Ma’arif NU 2 Blu’uran Karang Penang Sampang, maka kepala sekolah mem buat strategi peningkatan profesionalisme pendidik, pengembangan ibadah dan pembinaan akhlak

Keywords


Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Bunai. (2016). Buku Ajar Metodologi Penelitian. STAIN Pamekasan Prees.

Efenddy, O. U. (1993). Ilmu Komunikasi Teori dan Parktek. Remaja Karya.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida, 2(1), 93.

Ja’far, M. bin J. bin Y. bin K. A. (1420). Jami’ul Bayan fi Ta’will Qur’an.

Kemenag RI. (1992). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Mahkota.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Ningrum, T. K. (2022). Peran Kepemimppinan Dalam Meningkatkan Kualitas Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 96.

Republik Indonesia. (2003). UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rusli, M. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Paramadhani.

Sadirman. (2000). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Rajawali Press.

Sanaky, H. A. (2003). Paradigma Pendidikan Islam. Safiria Insania Press.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Soewadji, J. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian. Mitra Wacana Media.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif serta R&D. Alfabeta.

Usa, M. (1997). Pendidikan Islam dalam Peradaban Industrisial. Adiya Media.

Yudiatmaja, F. (2013). Kepemimpinan: Konsep, Teori dan Karakternya. Jurnal Media Komunikasi Fis, 12(2), 31.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v5i3.20195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.